Prodi Kebidanan Gelar Seminar Terapi Komplementer

Mungkin banyak dari kita, yang belum familier dengan kata “terapi komplementer”, terapi komplementer merupakan metode atau cara untuk menanggulangi penyakit yang dilakukan sebagai pendukung pengobatan medis konvensional atau sebagai pengobatan pilihan lain di luar pengobatan medis yang konvensional.

Saat ini, terapi komplementer mulai banyak dilirik oleh praktisi kesehatan, karena sebenarnya terapi ini sudah ada sejak jaman nenek moyang kita dan merupakan kearifan lokal serta masih banyak dilakukan sampai dengan sekarang. Hanya saja, pada saat itu, nenek moyang kita hanya melakukannya karena kebiasaan atau tradisi, sedangkan saat ini terapi komplementer yang digunakan oleh praktisi kesehatan adalah yang telah memilki dasar ilmiah yang dapat dipertanggung-jawabkan. Prof. Achir Yani Hamid, DSNc mencontohkan tradisi minum jamu yang sudah ada sejak jaman dulu dan masih sangat relevan hingga sekarang. Beliau juga mencontohkan penggunaan madu sebagai terapi penyakit yang juga masih relevan hingga saat ini.

Untuk menambah pemahaman praktisi kesehatan tentang terapi komplementer, maka pada tanggal 25 Februari 2017, Prodi kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar seminar kesehatan tentang terapi komplementer. Pembicara dalam acara seminar ini adalah Prof. Dr. Achir Yani Hamid, DNSc, yang merupakan guru besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Dr. (Can) Debbyantina, SST, M.Keb dosen pengajar di Prodi Kebidanan Poltekes Jakarta dan Uki Basuki, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung. Seminar berjalan lancar dan menarik di bawah komando moderator yang juga ketua Prodi Kebidanan Univertas Malahayati Daenty Maternity, SST, M.Keb.   (lima-Dh)

FKM Malahayati Gelar Riset Kesehatan Bersama Universitas Luar Negeri

Fakultas Kesehatan Universitas Malahayati Lampung, akhir Februari tahun 2017 ini sedang melaksanakan riset bersama dengan berbagai Universitas ternama dari dalam dan luar negeri. Beberapa universitas yang terlibat dalam penelitian bersama tersebut antara lain University Putra Malaysia, United Nation University, Univesity Uppsalah Swedia dan Universitas Indonesia Jakarta. Fokus riset bersama ini adalah pada kesehatan lingkungan sekolah di Bandar Lampung yang akan dikaitkan dengan kesehatan sistem pernapasan siswa Sekolah tersebut.

Di Indonesia penelitian ini tidak hanya dilakukan di Bandar Lampung tapi juga di Sekolah yang ada di Kota Depok bersama dengan Universitas Indonesia sebagai penanggung jawab pelaksanaannya, dan juga dilakukan di Swedia serta Malaysia. Rencananya penelitian ini akan dilaksanakan selama satu tahun dan nantinya data yang terkumpul akan dibandingkan, untuk melihat hubungan antara kualitas udara di beberapa tempat dengan kejadian penyakit alergi pernapasan pada anak sekolah, seperti asma dan sebagainya.

Adapun para peneliti yang terlibat dalam penelitian ini adalah, dari Lolita Sary, SKM, M.Kes dan Ririn W, SST, MPH dari Universitas Malahayati, Dr. Bambang Wispriyono dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Jamal Hasyim Hisyam dari United Nation University, Prof. Dr. Zailina Hasyim dan Dr. Juliana Jamaluddin dari University Putra Malaysia serta dari Uppsalah Swedia, yaitu Profesor Dan Norback dan Profesor Gunilla.

Dalam kesempatan yang berbeda, Rektor Unimal Bandar Lampung Dr. Muhammad Kadafi, SH, MH menjelaskan bahwa penelitian bersama ini, merupakan tindak lanjut kerjasama dengan beberapa universitas di luar negeri dan merupakan langkah nyata Universitas Malahayati untuk terus bergerak dalam upaya mencapai visi misinya. Rektor juga menyampaikan akan terus mendorong terlaksananya kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya untuk menciptakan suasana atmosfir akademik yang kondusif untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. (lima-dh)

Dewan Perwakilan Mahasiswa Unimal Gelar Seminar “Revolusi Mental”

Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Malahayati (DPMU) Bandar Lampung pada tanggal 13 Januari 2017 menggelar seminar tentang revolusi mental. Adapun pembicara utama dan tunggal dalam acara ini adalah Komandan Koren Garuda Hitam Kolonel Hadi Basuki.

Acara seminar tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Unimal, Bapak Dr. Dessy Hermawan, S.Kep, Ns, M.Kes.  Dalam sambutannya WR III Unimal mengucapkan terima kasih atas kesedian Bapak Kolonel Hadi Basuki memenuhi undangan mahasiswa (DPMU) dan juga mengucapkan selamat datang di Kampus Unimal. “Semoga ini bukan kunjungan yang pertama dan terakhir, tapi ke depan akan ada kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan bersama antara Unimal dengan pihak Korem Garuda Hitam”, ungkapnya.

Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 800 peserta yang terdiri dari mahasiswa Unimal, perwakilan mahasiswa dari Universitas yang ada di Lampung serta dihadiri juga oleh perwakilan siswa siswi SMA se-Bandar Lampung. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan menyadarkan pemuda (siswa dan mahasiswa) pentingnya untuk mempersiapkan diri serta merevolusi diri menjadi lebih baik dalam menghadapi perkembangan dunia yang makin tak terkendali.

Komandan Korem Garuda Hitam Kolonel Hadi Basuki mengingatkan kepada peseta seminar yang hadir untuk kembali memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang sudah ada pada bangsa Indonesia sejak dulu. Beliau mencontohkan kebiasaan gotong royong, tepo seliro dan saling menghargai yang mulai terkikis dengan perkembangan kemajuan teknologi.  Kolonel Hadi Basuki juga mengingatkan bahaya yang mungkin timbul dari kemajuan teknologi, seperti maraknya berita bohong di media sosial yang dapat menyebar begitu cepat tanpa terbendung. (lima-Dh).

Komandan Kodim 0410 Bandar Lampung Kunjungi Kampus Unimal

Pada tanggal 8 Februari 2017 yang lalu, Komandan Kodim 0410 Bandar Lampung Letnan Kolonel Didik Harmono mengunjungi kampus Unimal.  Kehadiran Beliau disamput oleh seluruh Wakil Rektor Unimal, yaitu Wakil Rektor I, II dan III serta pengawas yayasan Altek di gedung Rektorat lantai 5. Dalam kesempatan ini Rektor Unimal, Bapak Dr. Muhammad Kadafi, SH, MH tidak tampak ikut menyambut dikarenakan sedang berada di luar kota dan menitipkan salam hormat kepada Bapak Komandan Kodim 0410 melalui Wakil Rektor I.

Saat bertemu dengan Pimpinan Rektorat Universitas Malahayati, Letkol. Didik Harmono menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ke Unimal kali ini, adalah kunjungan silaturahmi dan perkenalan. Beliau bangga dan senang bisa mengunjungi kampus Malahayati Bandar Lampung, “kampusnya luas, hijau dan suasana pemandangannya indah ya…”, ujarnya. Beliau juga berharap agar hubungan baik Kampus Universitas Malahayati dan Kodim 0410 yang sudh berjalan baik ini agar terus terjaga dan mempersilahkan para pimpinan Unimal jika akan berkunjung ke Kodim 0410 Bandar Lampung.

Acara kunjungan tersebut berlangsung dalam suasana hangat dan santai, beberapa kali terdengar canda dan tawa dari pimpinan yang hadir di acara tersebut. Acara kunjungan diakhiri dengan foto bersama Komandan Kodim 0410 Bandar Lampung dengan Para Wakil Rektor dan pengawas Yayasan Alih Teknologi Bandar Lampung. (lima-Dh).

Polda Lampung Gelar Kuliah Umum “NKRI Harga Mati”

Pada bulan Januari 2017 yang lalu, Kepolisian Daerah Lampung menggelar kuliah umum yang bertemakan “Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati”. Acara kuliah umum yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa Universitas Malahayati dari berbagai fakultas ini dilaksanakan di lantai 2 gedung MCC (Malahayati Carier Center).

Acara kuliah umum ini dibuka oleh Bapak Wakil Rektor I Unimal, dr. Achmad Farich, MM dan dihadiri juga oleh Wakil Rektor III, Bapak Dr. Dessy Hermawan, Ns, M.Kes, para Dekan/Kaprodi serta dosen di lingkungan Unimal. Kuliah umum yang diberikan oleh Bapak AKBP. Bryan Benteng berlangsung hikmat dan menarik. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kuliah umum tersebut.

AKBP. Bryan Benteng dalam kuliahnya, mengingatkan kepada seluruh peserta kuliah untuk kembali mengingat perjuangan para pendiri bangsa ini. “Bangsa kita adalah bangsa pejuang yang terdiri dari banyak suku dan agama, jangan mau kita dipecah belah lagi seperti dulu saat kita dijajah oleh bangsa asing”, terangnya. Beliau juga mengingatkan akan bahaya terorisme dan bahaya narkoba yang saat ini banyak masuk sampai ke kampus-kampus. (lima-Dh)

Universitas Malahayati Tutup Tahun 2016 dengan Doa Bersama Anak Yatim

Sudah menjadi agenda rutin Universitas Malahayati Bandar Lampung dalam menyambut pergantian tahun adalah menggelar doa bersama dengan anak yatim binaan Universitas.  Acara doa bersama ini dilaksanakan di Graha Bintang Unimal yang dihadiri langsung oleh Pembina Yayasan Alih teknologi, Bapak Dr. H. Rusli Bintang dan seluruh civitas akademika Unimal, mulai dari Pimpinan Rektorat hingga mahasiswa. Acara ini juga dihadiri oleh sekitar 1000 anak yatim binaan Unimal yang berada di wilayah kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

Rektor Unimal Dr. Muhammad Kadafi, SH, MH dalam sambutannya kembali mengajak seluruh civitas akademika untuk lebih peduli dengan sesama, khususnya anak yatim dan kaum duafa serta mensyukuri apa yang sudah Allah berikan kepada kita. Beliau juga mengajak anak-anak yatim untuk selalu sholat lima waktu tepat pada waktunya dan menghormati ibu serta rajin belajar untuk mengejar cita-cita, “tidak boleh malas-malasan dan harus rajin belajar, sholat dan mendoakan orang tua kita”, pesan Pak Rektor.

Acara tutup tahun kali ini cukup meriah, selain acara ceramah agama yang dibawakan secara santai dan jenaka oleh Ustadz Umar dari Banda Aceh, panitia kegiatan BOM GD (Badan Organisasi Mahasiswa-Green Dormitory) Unimal juga telah menyediakan banyak hadiah bagi anak-anak yatim yang hadir, seperti uang tunai, buku dan tas sekolah hingga sepeda. Untuk mendapatkan hadiah, anak-anak yatim diberi pertanyaan yang diajukan oleh para pimpinan Univertas yang hadir dalam acara tersebut. Anak Yatim yang benar menjawab pertanyaan mendapat hadiah yang telah disediakan oleh panitia.

Acara ditutup dengan doa bersama yang sebelumnya diawali dengan melantunkan Asmaul Husna secara bersama-sama. Doa dengan penuh pengharapan agar di tahun 2017 ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pelepasan lampion ke udara dan pembakaran kembang api di lapangan golf Unimal, tepat pukul 00.00 WIB. (lima-Dh)

Potret Suasana Acara Formal Saat Closing HUT TBM Coronarius

TBM Coronarius gelar Closing Hari Ulang Tahun (HUT), acara ini dilatarbelakangi oleh usainya serangkaian acara dalam memperingati Hari Ulang Tahun TBM Coronarius pada 01 Agustus 2016 kemarin. Acara ini digelar pada Sabtu, 19 November 2016 di Talk Center Malahayati. Acara ini dibagi menjadi dua yakni acara formal dan acara informal.

Pada acara formal dimulai pada pukul 2 siang yang dihadiri oleh anggota TBM Coronarius angkatan 8 dan 9, DPO TBM Coronarius dari angkatan 7 serta UKM FK seperti sar medis, serta TBM dari Unila yaitu PMPATD Pakis Rescue Team.. Serangakaian acaranya antara lain pembukaan, pembacaan ayat suci dan shalawat, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars ptbmmki, mars TBM Coronarius, sambutan (ketua pelaksana, ketua umum TBM, ketua dewan pengawas organisasi, dokter yaitu dr Ni Putu Sudiadnyani mewakili dokter pembina yang berhalangan hadir).  Acara inti pada acara formal yakni tiup lilin, pemotongan kue, dan acara terakhir yaitu sesi foto bersama.

Berikut potret suasana saat acara formal Closing HUT TBM Coronarius:

1480070742856 1480070731835 1480070715688 1480070557246 1480070527848 1480070511808 1480070467109 1480070420022 1480070412814 1480070407271 1480070400976 1480070382102

TBM Coronarius Gelar Closing HUT di Talk Center Malahayati

TBM Coronarius gelar Closing Hari Ulang Tahun (HUT), acara ini dilatarbelakangi oleh usainya serangkaian acara dalam memperingati Hari Ulang Tahun TBM Coronarius pada 01 Agustus 2016 kemarin. Acara ini digelar pada Sabtu, 19 November 2016 di Talk Center Malahayati. Acara ini dibagi menjadi dua yakni acara formal dan acara informal.

Pada acara formal dimulai pada pukul 2 siang yang dihadiri oleh anggota TBM Coronarius angkatan 8 dan 9, DPO TBM Coronarius dari angkatan 7 serta UKM FK seperti sar medis, serta TBM dari Unila yaitu PMPATD Pakis Rescue Team.. Serangakaian acaranya antara lain pembukaan, pembacaan ayat suci dan shalawat, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars ptbmmki, mars TBM Coronarius, sambutan (ketua pelaksana, ketua umum TBM, ketua dewan pengawas organisasi, dokter yaitu dr Ni Putu Sudiadnyani mewakili dokter pembina yang berhalangan hadir).  Acara inti pada acara formal yakni tiup lilin, pemotongan kue, dan acara terakhir yaitu sesi foto bersama.

Pada acara informal dimulai pada pukul 19.30 hingga 23.00 WIB. Acara informal ini mengambil tema Autumn. Closing HUT TBM dihadiri oleh seluruh anggota TBM Coronarius angkatan 8 dan 9, DPO angkatan 7 dan anggota Purna. Sebelum dimulainya acara Closing HUT TBM Coronarius, terdapat acara makan bersama terlebih dahulu. Serangkaian acaranya antara lain pemutaran video TBM, pembacaan pemenang lomba Coronarius Cup (seluruh games diambil juara 1,2,3 dan terakhir Juara Umum CorCup), pemenang lomba Video HUT TBM Coronarius, games, Penampilan per Angkatan 7,8,9 TBM Coronarius, pemenang kostum terbaik pria dan wanita, lalu terakhir pemutaran video.

Tidak terdapat kendala selama acara berlangsung, hanya saja pembina TBM Coronarius yang berhalangan untuk hadir pada acara Closing HUT TBM.[]

TBM Coronarius Gelar Penyuluhan di SDN 1 Sumber Agung

TBM Coronarius Gelar Penyuluhan di salah satu SD dan SMP di Bandar Lampung. Acara ini masih merupakan salah satu agenda Dari 10 rangkaian acara HUT TBM Coronarius. Acara penyuluhan ini diadakan di SD Negeri 1 Sumber Agung dan SMP IT Baitul Jannah pada 29 Oktober 2016.

Pembagian tugas dibagi menjadi dua grup yakni mengarap pada siswa SD dan SMP.  Pada grup SD, TBM Coronarius mengacu pada siswa dan siswi kelas dua dan tiga, yang dalam kelas tiga terbagi menjadi 3A dan 3B. Masing-masing kelas terdiri dari 25 hingga 30 siswa yang masing-masing kelas terdapat 3 mentor. TBM memulai acara ini pukul 10.00 WIB.

Untuk kelas 2 diajarkan bagaimana cara mencuci tangan dan menggosok gigi, serta langsung mempraktekannya. Sedangkan, untuk kelas 3, diajarkan cara mencuci tangan dan penanganan luka. Ditambah dengan hadiah2 di tiap kelasnya bagi yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mentornya, maupun yang berani maju kedepan untuk mempraktekan apa saja yang telah dipelajari. Masing-masing siswa diberikan susu Mikuat. Diakhir kegiatan adalah sesi foto bersama dengan kepala sekolah, guru, siswa dan siswi serta aggota lain TBM Coronarius yang juga ikut berpartisipasi dalam acara ini.[]

Video Suasana Saat Kunjungan Industri di PT. Coca Cola Amatil Bottling

FAKULTAS Teknik Program Studi Industri Universitas Malahayati gelar Kunjungan Industri ke PT. Coca Cola Amatil Bottling, Tanjung Bintang. Acara ini dilaksanakan pada Selasa, 25 Oktober 2016 menaiki sebuah bis Trans Lampung. Terlihat kunjungan ini dihadiri oleh dosen prodi industri serta seluruh mahasiswa/i angkatan 2013 hingga 2016.

Kunjungan kali ini menjelaskan mengenai proses produksi, mulai dari pencucian botol, pencampuran bahan, pengisian, pengemasa, pendistribusian hingga pengolahan limbah cair yang dihasilkan. Berikut video suasana saat kunjungan industri di PT. Coca Cola Amatil Bottling:

Kunjungan Industri HMTI Unmal