John Gorrie; Penemu Air Conditioner

John Gorrie (3 Oktober 1803 – 29 June 1855) adalah seorang dokter, ilmuwan dan penemu. Ia lahir di Pulau Nevis di Kepulauan Leeward dari Hindia Barat pada 3 Oktober 1803, ia menghabiskan masa kecilnya di Carolina Selatan. Ia menempuh pendidikan medisnya di College of Dokter dan Ahli Bedah dari Distrik Barat New York di Fairfield, New York.

Pada tahun 1833, ia pindah ke Apalachicola, Florida, sebuah kota pelabuhan di pantai Teluk. Serta menjadi dokter residen di dua rumah sakit, Gorrie aktif di masyarakat. Pada berbagai waktu ia menjabat sebagai anggota dewan, Postmaster, Presiden Bank of Pensacola ini Apalachicola Branch, Sekretaris Masonik Lodge, dan salah satu vestrymen pendiri Gereja Trinity Episcopal.

Pada itu ada sebuah teori mengatakan bahwa udara yang buruk menyebabkan penyakit lazim dan berdasarkan teori ini ia dinginkan kamar dengan es dalam baskom dan digantung dari langit-langit, lalu menggunakan kipas angin sehingga hawa dari es tersebut dapat mendinginkan ruangan. 

Pada tahun 1845, ia menyerah praktek medis dan fokus mengejar proyek pendinginan. Pada tanggal 6 Mei, 1851, Gorrie diberikan Paten No 8080 untuk mebuat sebuah mesin es.

Gorrie berusaha untuk mengumpulkan uang untuk memproduksi mesinnya, namun usaha itu gagal ketika pasangannya meninggal. Ia juga menerima banyak kritikan. Kesehatannya terus menerus menurun, Gorrie meninggal di pengasingan pada 29 Juni 1855. Ia dimakamkan di Gorrie Square Apalachicola.

Mesin penemuannya kemudian dikembangkan oleh Willis Carrier yang kemudian dikenal sebagai penemu AC modern pada 1902. | sember: en.wikipedia.org

Gravity Settling Chamber: Alat Pengendali Partikulat

UDARA merupakan faktor yang penting dalam kehidupan, namun dengan meningkatnya pembangunan fisik kota dan pusat-pusat industri, kualitas udara telah mengalami perubahan. Udara yang dulunya segar kini kering dan kotor. Hal ini bila tidak segera ditanggulangi, perubahan tersebut dapat membahayakan kesehatan manusia, kehidupan hewan serta tumbuhan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 41 tahun 1999 mengenai Pengendalian Pencemaran udara, yang dimaksud dengan pencemaran udara adalah masuknya atau dimaksuknya zat, energi dan/atau komponen lain ke dalam udara ambient oleh kegiatan manusia sehingga mutu udara ambient turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambient tidak memenuhi fungsinya. Sedangkan Pengendalian pencemaran udara meliputi pengendalian dan usaha dan/atau kegiatan sumber bergerak, sumber bergerak spesifik, sumber tidak bergerak, dan sumber tidak bergerak spesifik yang dilakukan dengan upaya pengendalian emisi dan/atau sumber gangguan yang bertujuan untuk mencegah turunnya mutu udara ambien.

Settling Chamber adalah alat pengendali debu pertama yang sering dipakai untuk menurunkan emisi debu tetapi pada saat ini sudah jarang sekali digunakan. Karena efisiensi pengumpulnya yang rendah, settling chamber tidak dapat digunakan untuk memenuhi standar emisi yang ada (peraturan pemerintah yang ada). Tetapi settling chamber masih dapat digunakan sebagai penangkap debu awal (pre-collection) untuk alat pengendali partikulat yang lain seperti electrostatic precipitator atau fabric filter untuk menghilangkan (menangkap) partikel dengan ukuran besar.

Prosedur desain diberikan oleh Jacob dan Dhodapkar pada 1997. Mekanisme utamanya ada dua yaitu gaya grafitasi dan gaya inersia. Berbeda dengan gaya grafitasi, gaya inersia ini disebabkan karena perubahan arah aliran yang menyebabkan partikel terlempar.

Kecepatan aliran gas yang mengandung partikel akan berkurang di dalam chamber. Semua partikulat di dalam aliran gas akan dipengaruhi oleh gaya grafitasi bumi . Dengan kecepatan aliran gas yang berkurang (rendah) di dalam chamber, partikel dengan ukuran diameter besar (>40 μm) akan turun ke bawah dan jatuh ke dalam hopper.

Kelebihan dari settling chamber adalah:

  • Desain alat sederhana, mudah untuk dibuat konstruksinya
  • Pemeliharaan yang mudah dan biaya pemeliharaan sangat rendah

Kekurangan dari settling chamber adalah:

  • Ukurannya Besar, Memerlukan Lahan Yang Luas
  • Harus Dibersihkan Secara Manual Dalam Interval Waktu Tertentu
  • Hanya Dapat Menyisihkan Partikel Berukuran Besar (10-50mm)

image

Frederick Grant Banting Penemu Insulin Menerima Hadiah Nobel Kedokteran

DAHULU jika orang telah didiagnosis dengan penyakit diabetes melitus maka hampir tak ada pengobatan bagi penderita diabetes dan kematian dini menjadi finalnya. Saat itu, satu-satunya pengobatan untuk diabetes adalah diet karbohidrat ekstra ketat dengan pembatasan konsumsi hanya 450 kalori per hari sehingga banyak pasien diabetes mengalami kelaparan, bahkan kondisi kelaparan tersebut menjadi sumber kematian baru bagi pasien selain akibat diabetes.

Frederick Grant Banting adalah dokter pertama di dunia yang menemukan insulin. Insulin adalah hormon yang mampu mengubah gula darah/glukosa menjadi gula otot/glikogen yang dihasilkan pada pankreas. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan penyakit diabetes. Frederick bersama asistennya Dr Charles Best memulai percobaannya dalam penemuan insulin dan hasilnya cukup menggembirakan. Dibantu Macleod serta seorang ahli kimia James Collip melalui tehnik ekstraksi insulin ternyata mampu menghasilkan ekstrak insulin yang berguna seperti sekarang, lalu memproduksinya secara besar-besaran melalui kultur jaringan dengan bantuan mikro organisme. Sebelumnya, bagaimanapun, Banting telah menjadi sangat tertarik pada diabetes.

Tak sampai disini saja Frederick dan Dr Charles Best sebagai asistennya memulai suatu percobaan yang lebih lanjut dari penemuannya itu. Hingga akhirnya hasil tersebut tak mengecewakan. Seorang bernama Macleod yang menjadi ahli kimia James Collip juga turut membantu. Melalui teknik ekstraksi insulin mampu menghasilkan ekstrak insulin yang dapat berguna hingga saat ini. Bahkan dalam jumlah yang sangat besar juga dimanfaatkan melalui kultur jaringan. Tentu saja tak terlepas dari bantuan mikro organisme.

Begitu panjang proses tersebut hingga menjadikan sosok Frederick sangat begitu tertarik dengan hormon insulin ini. Salah satu usahanya ialah membaca beragam sumber informasi yang terlibat di dalam fokus tersebut. Bahkan seorang Profesor Fisiologi di Universitas Toronto yang bernama JJR Macleod dan kawan-kawannya memberikan fasilitas untuk eksperimental itu yang mengarah pada hormon insulin.

Hingga pada 1922 Frederick diangkat menjadi demonstrator senior di Universitas Toronto dengan bidang kedokteran. Tak hanya itu saja terdapat beragam penghargaan. Tahun 1923 Frederick Banting dan Macleod menerima hadiah nobel dalam bidang kedokteran.

Tahun 1941, tepatnya tanggal 21 Februari Frederick Banting meninggal dalam suatu kecelakaan pesawat pada saat dia dalam penerbangan di New Founland.

Alexander Fleming Dikenal Dunia Sebagai Penemu Penisilin

Perkembangan ilmu pengetahuan bergerak begitu cepat di masa sekarang. Setiap penemuan menuntun kepada penemuan-penemuan baru yang tak bisa lagi dihitung jumlahnya. Bisa dikatakan pemahaman imiah kita terus berkejaran dengan waktu. Begitu besar wujud perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan begitu besar pula dampaknya terhadap gaya hidup kita yang terkadang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Hal ini juga bisa dilihat pada berbagai perkembangan dunia medis dan kesehatan. Meskipun masih begitu banyak komplain terhadap pelayanan kesehatan yang masih belum memadai, kita harus bersyukur bahwa pada masa ini berbagai penemuan di dunia kesehatan telah mampu menanggulangi berbagai penyakit yang jauh beberapa abad bahkan dekade sebelumnya belum bisa disembuhkan.

Penisilin (Penicilin) ditemukan oleh Alexander Fleming di tahun 1928 dan merupakan bahan pelajaran yang paling sering dibahas. Penisilin termasuk dalam “pengubah alur permainan” dalam dunia kedokteran karena pada dasarnya penemuan penisilin menjadi awal penemuan-penemuan antibiotik selanjutnya yang kita gunakan untuk memerangi bakteri. Sebelumnya, jika anda mengalami infeksi besar karena luka pada kaki, maka anda harus memilih antara dua hal yakni amputasi atau kematian.

Alexander Fleming dikenal dunia sebagai penemu dari penisilin, yang merupakan anti biotik yang dapat mengobati berbagai jenis infeksi. Alexander Fleming dilahirkan tahun 1881 di Lochfield, Skotlandia.

Baru tahun 1928 Fleming berhasil menemukan sesuatu yang berarti. Laboratoriumnya membiakkan bakteri “staphylococcus“, dibiarkan terbuka begitu saja di udara dan menjadi kotor serta busuk. Fleming menemukan dalam pembiakan sekitar pembusukan itu, bakteri menjadi cair. Dengan cepat dia menyimpulkan bahwa pembusukan itu menghasilkan sesuatu substansi yang beracun terhadap bakteri “staphylococcus”. Segera dia mampu menunjukkan bahwa substansi serupa berada pada pertumbuhan berbagai jenis bakteri yang berbahaya. Substansi itu diberi nama penisilin, sesudah kejadian pembusukan (penicillium notatum) bukanlah merupakan cairan baik bagi manusia maupun binatang.

Hasil penemuan Fleming ini disiarkan tahun 1929, tetapi pada mulanya tidak banyak menarik perhatian. Fleming mengemukakan bahwa penicilin punya arti penting buat pengobatan. Namun, dia sendiri tak mampu mengembangkan teknik untuk memurnikan penisilin, dan lebih dari sepuluh tahun lamanya obat yang penting itu tetap tinggal.|Dari berbagai sumber.

 

Victor Hayes; Penemu WiFi Pertama Kelahiran Indonesia

VICTOR Hayes adalah penemu atau perancang beberapa standar WiFi pertama yaitu IEE 802.11a, 802.11b, dan 802.11g. Berkat jasanya dalam perkembangan teknologi WiFi, Vic dijuluki sebagai “Bapak WiFi Dunia”.

Ia akrab disapa Vic. Menurut Wikipedia, Victor Hayes lahir 31 Juli 1941 di Surabaya, saat itu masih berada di bawah pemerintahan Hindia Belanda. Bisa dibilang Vic hanya numpang lahir di Surabaya, sebab Vic Hayes hanya tinggal selama 4 tahun saja di Surabaya. Pada 1950 ia kembali ke Belanda dan menetap disana.

Meski hanya sekitar 4 tahun Vic Hayes tinggal di Surabaya sejak kelahirannya. Namun, kini dunia tetap mengenalnya sebagai “Bapak WiFi Dunia” kelahiran Surabaya.

Vic lulusan HTS “Amsterdam”, Amsterdam (Belanda) pada tahun 1957-1961. Menerima gelar BE tahun 1961 di Teknik Elektro dan Elektronika. Radio dan Petugas Radar di Angkatan Udara Kerajaan Belanda, 1962.

WiFi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Sumber: id.wikipedia.org dan berbagai sumber lain.

William Thomas Green Morton; Penemu Obat Bius Penghilang Rasa Sakit Saat Operasi

OPERASI atau pembedahan kepada pasien bukanlah hal asing di dunia Kedokteran saat ini. Namun apa jadinya jika prosedur operasi atau pembedahan tidak menggunakan obat bius atau anstesi? rasanya tentu begitu menyakitkan. Hal itu terjadi hingga seorang dokter gigi berkebangsaan Amerika menggunakan obat bius kepada pasiennya.

Ialah William Thomas Green Morton, seorang dokter gigi berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir pada 9 Agustus 1819, di Charlton, Massachusetts, Amerika Serikat. Ia sempat belajar di universitas Hartford, namun pada tahun 1841 ia keluar dari Universitas itu lalu mengikuti seorang dokter gigi bernama Horace Wells. Ia menjadi terkenal ketika berhasil mengembangkan proses solder gigi palsu ke piring emas pada tahun yang sama.

Lalu di tahun 1843, Morton menikah dengan Elizabeth Whitman di Farmington.Setahun kemudian, Morton kembali belajar diHarvard Medical School dan di didik oleh Dr. Charles T. Jacson. Dr. Charleslah yang telah memperkenalkan Morton dengan sifat anestesi eter, namun ia kembali keluar sebelum lulus. Pada 30 September, untuk pertama kalinya Morton melakukan pencabutan gigi pasiennya tanpa mengalami rasa sakit, karena diberi eter dan ia masuk di berita Koran karena berhasil mencabut gigi pasien tanpa rasa sakit.

Seorang ahli bedah bernama Henry Jacob Bigelow yang membaca berita itu, mencoba melakukan melakukan hal yang dilakukan Morton, ia mencobanya saat melakukan operasi pada pasiennya di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Selain Jacob, cara tersebut juga digunakan oleh Dr. John Collins Warren saat melakukan operasi pengangkatan tumor di bagian leher seorang pasiennya bernama Edward Gilbert Abbott.

Karena eter berhasil dalam dunia medis, maka penggunaan eter telah menyebar hingga keseluruh dunia. Orang yang pertama kali menggunakan eter di Inggris adalah Robert Liston, dari University College Hospital pada tahun 1846.

Sebenarnya Morton mencoba untuk menyembunyikan asal mula letheon, namun segera di ubah dan ditemukan menjadi eter. Satu bulan kemudian letheon telah ia patenkan. Meskipun sudah dikenal luas bila pereda rasa sakit adalah eter, namun komunitas medis tidak menyetujuinya, karena menganggap eter tidak ilmiah. Morton meyakinkan teman-temannya bila ia tidak memberi batasan penggunaan eter dan menjelaskan bila ia mematenkannya untuk menjamin administrasi yang kompeten dan mencegah penyalahgunaan dan supaya tidak dikembangkan.

Namun Dr Wells dan Jackson mengaku sebagai penemunya, sehingga saat berlangsung kongres nasional pada tahun 1846, Morton dinyatakan gagal. Ia terus mencoba mencari rumus yang sama namun selalu gagal. Pada tahun 1852, ia mendapat gelar Ahli Bedah dari Washington University of Medicine di Baltimore. Pada tahun 1862, ia melakukan pelayanan public dengan bergabung sebagai dokter bedah sukarelawan bersama tentara Potomac, dan menggunakan eter dalam menyelamatkan para tentara tersebut.

Saat Morton akan meminta bantuan ke Central Park, ia kelelahan sehingga membuatnya pingsan dan meninggal dunia. Ia meninggal dunia pada Juli 1868 di New York City, ia dimakamkan di Mount Auburn Cemetery di Massachusetts, kota kelahirannya.

|Sumber: penemu.co

Yum Soemarsono; Bapak Helikopter Indonesia

Letnan Kolonel Udara (Anumerta) Yum Soemarsono (lahir di Purworejo, Jawa Tengah, 10 Desember 1916 – meninggal di Jakarta, 5 Maret 1999 pada umur 82 tahun) adalah seorang ilmuwan , tentara angkatan udara dan penerbang asal Indonesia. Ia juga dikenal sebagai bapak Helikopter Indonesia.

Berbeda dengan penemu dan pengembang helikopter lainnya, dia mengembangkan helikopter sendiri berdasarkan pengalaman dan intuisi serta keterampilannya yang tidak diperoleh dari pendidikan tinggi. Pengetahuan tentang teknologi, Soemarsono dapatkan dari lembaran stensilan karangan seorang ilmuwan Belanda, Ir. Oyen, tahun 1940 tentang aerodinamika dan sebuah gambar dari majalah Popular Science bekas pada tahun 1939.

Helikopter rancangannya pada saat itu tidak memiliki bentuk selayaknya helikopter yang dilihat sekarang, namun memiliki dan menerapkan prinsip kerja helikopter. Rancangannya berupa Rotor Stabilizer, dia buat berdasarkan intuisi dan pengalaman dalam merancang bangun sebuah helikopter.Yum Soemarsono merancang helikopter dengan hasil pemikirannya sendiri. Hal ini juga disebabkan karena informasi tentang perkembangan teknologi Helikopter sangat sukar diperoleh, selain karena Belanda menutup berbagai jalur komunikasi dan informasi pada masa pergolakan kemerdekaan Indonesia.

Ada empat helikopter yang berhasil ia rancang.

  1. Helikopter RI-H yang selesai pada tahun 1948 namun tidak sempat diterbangkannya karena lokasi pembuatannya di Gunung Lawu dibom Belanda pada saat Revolusi Kemerdekaan Indonesia.
  2. Helikopter YSH (Yum Soeharto Hatmidji) yang dirancang bersama Soeharto dan Hatmidji, selesai pada tahun 1950 dan melayang setinggi 10 cm di lapangan Sekip Yogyakarta.
  3. Helikopter Seomarcopter yang berhasil terbang setinggi 3 meter sejauh 50 meter dengan mesin berdaya 60 hp pada 1954. Penerbangan Helikopter ini disaksikan dan diawaki oleh Leonard Parish seorang Instruktur perusahaan Hiller Helicopter, Amerika Serikat,
  4. Helikopter Kepik , terjadi kecelakaan pada percobaanya pada 22 Maret 1964 dan menyebabkan Yum kehilangan tangan kirinya dan sekaligus menewaskan asistennya yang benama Dali. Nama kepik sendiri adalah nama pemberian presiden Republik Indonesia. |sumber: id.wikipedia.org

 

Dennis Hayes & Dale Heatherington; Sang Penemu Modem Pertama

DENNIS C. Hayes dan Dale Heatherington adalah tokoh penemu modem PC atau modem komputer. Hayes lahir pada tahun 1950 sedangkan Dale lahir pada tahun 1948. Mereka berdua membuat sebuah teknologi yang sangat bermanfaat ini pada tahun 1997.

Lalu mengapa orang-orang mengira kalau Dennis Hayes lah yang membuat modem pertama kali? Bukannya ada dua orang, yaitu Dennis dan Hale? Memang dua orang, namun pada waktu itu, Dale meninggalkan perusahaan karena pensiun, sehingga perusahaan di kelola oleh Dennis sendiri.

Modem Temuan Dennis Hayes

Dennis Hayes mendirikan perusahaan dirumahnya sendiri dengan nama perusahaan D.C Hayes Associates. Penanaman modal awal keperusahaanya ketika itu sebesar $5.000, lambat laun perusahaan yang ia dirikan berhasil menjadi perusahaan industri IT terbesar. Produknya perusahaanya yaitu benda temuannya sendiri yaitu Modem board untuk komputer s-100 hingga untuk komputer Apple II buatan Steve Jobs. Dennis hayes semakin berjasa ketika berhasil memcahkan masalah interface yang terjadi pada komputer-komputer ketika itu sehingga dengan solusi yang diberikan oleh Dennis Hayes, komputer-komputer tersebut dapat menggunakan port serial standar yang fungsinya mengendalikan fungsi modem melalui sebuah perangkat lunak seperti sekarang ini. Dennis Hayes juga berjasa sebagai penemu dari command set untuk untuk modem PC di tahun 1981.

Modem temuan Hayes yang bernama SmartModem kemudian dijadikan standar modem untuk komputer-komputer dimasa 1980an. Dari sini kemudian perusahaannya berkembang pesat dan Dennis Hayes sendiri menjabat sebagai CEO di Perusahaanya Hayes Corp. Dennis C. Hayes dijadikan tokoh dunia sebagai penemu modem PC, karena temuannya itu membuat kemudahan bagi para pengakses internet. Dengannya dunia internet selalu tetap online dan industri teknologi berkembang dengan pesat.

|Sumber : www.penemu.co

 

Nihonium; Unsur Kimia Pertama Yang Ditemukan di Benua Asia

BAGI kalian yang belajar Ilmu Kimia pasti tahu tabel periodik unsur-unsur kimia kan? Ada 118 unsur dalam tabel itu. Namun, beberapa unsur masih belum disahkan ditabel itu, karena Unsur kimia ini tak ada di alam melainkan hasil sintesis. Unsur itu salah satunya nomor 113, unsur ditemukan di laboratorium pada 2004 oleh ilmuwan Jepang.

Ilmuwan dari RIKEN Nishina Center for Accelerator-Based Science, yang menemukan unsur itu, memberi nama unsur kimia nomor 113 sebagai Nihonium. Nama Nihonium berasal dari penyebutan nama negara itu dalam bahasa Jepang. Nah, menariknya, Nihonium adalah unsur kimia pertama yang berasal dari Asia loh. Penemuan bersejarah unsur kimia bernomor 113 itu dipimpin oleh profesor dari Universitas Kyusu, Morita Kosuke.

“Penemuan satu dari hanya 118 unsur atom memberikan arti yang besar bagi kami,” kata Kosuke Morita, ilmuwan yang memimpin penelitian dari RIKEN Nishina Center for Accelerator-Based Science, itu seperti dilansir Reuters, Kamis (9/6).

Nihonium adalah unsur satu-satunya yang ditemukan di luar Amerika Serikat dan Eropa. “(Sebelum ini) Belum ada satu pun unsur atom yang ditemukan di Asia, Oceania, atau Afrika,” kata Morita.

Penemuan elemen ini sudah diakui oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) pada Desember 2015. Namun nama Nihonium akan jadi permanen mulai Juni ini.

|Sumber: nationalgeographic.co.id & student.cnnindonesia.com

Buku Adalah Jendela Dunia

Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei. Oleh sebab itu, marilah kita membudayakan membaca buku. Pasalnya buku merupakan sarana ilmu dan pengetahuan yang paling tepat dan akurat. Namun sebelum membaca buku yuk sama-sama kita pahami, apasih sebenarnya buku itu?

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman.

Awalnya buku pertama disebutkan lahir di Mesir pada tahun 2400-an SM dengan bahan dasar kertas papirus. Papirus sendiri adalah adalah sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno. Bentuk buku pertama yaitu berupa kertas papirus yang berisi tulisan dan digulung.

Namun  ada pula yang mengatakan bahwa buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di Kamboja karena pada saat itu Sang Budha menuliskan wahyunya di atas daun dan kemudian membacanya berulang-ulang.

Pada Tahun 200-an SM Tsai Lun berhasil menciptakan kertas yang menjadi bahan dasar buku. Kertas membawa banyak perubahan pada dunia. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari Tiongkok ke Eropa pada awal abad ke-11. Hal tersebut membuat industri kertas bertambah maju.

Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan perangkat seperti komputer meja, komputer jinjing, komputer tablet, telepon seluler dan lainnya, serta menggunakan perangkat lunak tertentu untuk membacanya.

Hari Buku Nasional diambil dari momentum peresmian Perpustakaan Nasional 35 tahun silam tepatnya di tahun 1980 oleh Menteri Pendidikan Nasional RI, pada saat itu Abdul Malik Fajar. |sumber: id.wikipedia.org