Aryanti Wardiyah dan Setiawan; Jurnal Pengaruh Menyusui Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri

Menyusui merupakan tugas luhur seorang ibu terhadap anaknya karena didalam air susu ibu (ASI) mengandung banyak manfaat bagi bayi dan ibunya. Salah satu manfaatnya adalah penurunan tinggi fundus uteri (TFU) yang secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya perdarahan setelah melahirkan.

Perdarahan merupakan penyebab kematian terbanyak pada ibu post partum. Hasil survei awal didapatkan data rata-rata pasien per bulan sebanyak 20 pasien, kemudian hasil survei padang ibu post partum di RS Abdul Moeloek yang ada di didapatkan data sebanyak 70% yang tidak menyusui bayinya dengan penurunan tinggi fundus uteri rata-rata 1cm dan sebanyak 3 orang (30%) memberikan ASI kepada bayinya segera setelah bayi lahir dengan penurunan tinggi fundus uteri rata-rata 1,5cm setelah 8 jam post partum.

Hal itulah yang membuat Aryanti Wardiyah dan Setiawan melakukan sebuah penelitian yang mereka tuangkan dalam jurnal penelitian dengan judul Pengaruh Menyusui Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh menyusui terhadap penurunan TFU.

Baca selengkapnya klik disini => Pengaruh Menyusui Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri

Lestari Wuryanti dan Lina Sari; Jurnal Pengaruh Working Capital To Total Assets, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover Dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Pada PT Bukit Asam (Persero) Tbk Periode 2009-2014

Laba sebagai suatu pengukuran kinerja perusahaan merefleksikan terjadinya proses peningkatan atau penurunan modal dari berbagai sumber transaksi. Laba perusahaan diharapkan setiap periode akan mengalami kenaikan, sehingga dibutuhkan analisis rasio yang dapat
mempengaruhi pertumbuhan laba. Hal ini menunjukkan bahwa laba merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan. Salah satu cara melihat pertumbuhan laba adalah dengan cara menganalisis rasio keuangan yang ada dalam laporan keuangan untuk melihat gambaran perkembangan keuangan perusahaan. Rasio keuangan yang digunakan untuk melihat pertumbuhan laba berbeda-beda setiap peneliti.

Hal inilah yang mendasari Lestari Wuryanti, S.E., M.M, dan Lina Sari melakukan sebuah penelitian yang tercantum dalam jurnal yang berjudul “Pengaruh Working Capital To Total Assets, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover Dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Pada PT Bukit Asam (Persero) Tbk Periode 2009-2014”

Baca selengkapnya Lestari Wuryanti dan Lina Sari

Kusnadi, Muhammad Luthfi dan Kristin Candra Sari: Pengaruh Sikap Fiskus, Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di KPP Pratama Teluk Betung Bandar Lampung

Pajak merupakan sumber pendapatan negara yang sangat penting bagi pelaksanaan dan peningkatan pembangunan nasional untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Sistem perpajakan di Indonesia mengalami perubahan pada tahun 1983 dari Official Assessment System menjadi Self Assessment System. Self Assessment System adalah suatu sistem dimana pemerintah memberikan kepercayaan penuh kepada wajib pajak untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan sendiri kewajiban perpajakannya.

Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak
(fiskus), sesuai dengan fungsinya berkewajiban melaksanakan pembinaan, pelayanan, pengawasan, dan penerapan sanksi perpajakan terhadap pelaksanaan kewajiban perpajakan wajib pajak berdasarkan ketentuan yang digariskan dalam peraturan perundang-undangan perpajakan. Menurut data dari KPP Pratama Teluk Betung Bandar Lampung jumlah Wajib Pajak Badan yang membayar pajak lebih rendah dibanding dengan jumlah Wajib Pajak Badan yang terdaftar.

Hal inilah yang mendasari Kusnadi, S.E., M.Si, Muhammad Luthfi, S.E., M.Si dan Kristin Candra Sari melakukan sebuah penelitian yang tercantum dalam jurnal yang berjudul “Pengaruh Sikap Fiskus, Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di KPP Pratama Teluk Betung Bandar Lampung”

Baca selengkapnya Kusnadi, Muhammad Luthfi dan Kristin Chandra Sari

 

|Rahmanisya.

Kusnadi, Indah Lia Puspita dan Septi Listiawati: Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing (Studi Empiris: KPP Pratama Tanjung Karang dan KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung)

Pajak merupakan iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tidak mendapat jasa timbal balik (kontraprestasi) secara langsung, dan digunakan untuk membayar pengeluaran umum (Mardiasmo, 2011). Peranan pajak dalam pembangunan berhubungan erat dalam pembangunan nasional baik pada sektor swasta maupun sektor umum. Pendapatan pajak dapat menjamin kestabilan bagi tersedianya sumber penerimaan negara.

Salah satu bentuk modernisasi perpajakan dalam hal pengggunaan teknologi informasi dalam administrasi perpajakan adalah penerapan media elektronik e-system. Tujuan dalam penggunaan teknologi informasi dalam administrasi perpajakan untuk meningkatkan keefisienan. Salah satu jenis e-system adalah e-Filing. Menurut website DJP, keunggulan dari sistem e-Filing ini adalah go green, yaitu melakukan penghematan kertas dengan sistem pelaporan pajak online, selain itu dengan menggunakan sistem ini, dinilai lebih aman dan tepat karena menggunakan sistem berbasis komputer.

Hal inilah yang mendasari Septi Listiawati bersama Kusnadi, S.E., M.Si. dan Indah Lia Puspita, S.E., M.Si. melakukan penelitian yang tertuang dalam jurnal dengan judul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing (Studi Empiris: KPP Pratama Tanjung Karang dan KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung)”.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan, persepsi kepuasan dan kesiapan teknologi Informasi Wajib Pajak orang pribadi di Kantor KPP Pratama Tanjung Karang dan Kantor KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung dalam menggunakan e-Filing.

Baca selengkapnya di Jurnal Penelitian Septi Listiawati, Kusnadi & Indah Lia Puspita

Eka Sariningsih dan Asni Aprillina: Pengaruh Arus Kas Operasi, Nilai Perusahaan, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Pasar modal berperan besar bagi perekonomian suatu negara karena menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu ekonomi dan keuangan. Dengan adanya pasar modal, pihak yang memiliki kelebihan dana dapat menginvestasikan dana dengan membeli saham suatu perusahaan tersebut dengan harapan memperoleh imbal hasil atas investasi saham yaitu return saham, sedangkan pihak issuer (dalam hal ini perusahaan) dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan investasi tanpa harus menunggu tersedianya dana dari operasi perusahaan.

Didalam penelitian perusahaan makanan dan minuman dijadikan objek penelitian dikarenakan makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi manusia yang tidak dapat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian yang sedang terjadi. Dalam memilih investasi yang menghasilkan pengembalian (return), investor memerlukan berbagai informasi sebagai landasan keputusan. Salah satu informasi yang dapat digunakan adalah informasi dari laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi perusahaan dan cerminan kinerja suatu perusahaan selama satu periode.

Hal itulah yang menjadi latar belakang Asni Aprillina dan Eka Sariningsih, S.E., M.S.Ak. melakukan penelitian yang tercantum dalam jurnal dengan judul “Pengaruh Arus Kas Operasi, Nilai Perusahaan, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana arus kas operasi, nilai perusahaan, struktur modal dan ukuran perusahaan mempengaruhi return saham.

Baca selengkapnya: Jurnal Penelitian Eka Sariningsih dan Asni Aprillina

Karya Ilmiah Bidang Hukum Bisnis “Perlindungan Hukum Pedagang Kecil dari Keberadaan Franchise Minimarket (Studi Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 17 Tahun 2009)” Melalui Jurnal Keadilan Progresif Univesitas Bandar Lampung” Oleh Ibu Rissa

Rissa Afni Martinouva, S. H., M. H.  akrab disapa Ibu Rissa Dosen Tetap Fakultas Hukum Universitas Malahayati (FH Unmal) pada semeter genap Tahun Ajaran (TA) 2016/2017 mengampu mata kuliah Hukum Perdata di FH Unmal dan Aspek Hukum Dalam Ekonomi di Fakultas Ekonomi Unmal (FE Unmal) satu tim mengajar bersama Bapak Rektor Dr. M. Kadafi, S. H., M. H. . Mata kuliah yang diajarkan berkesesuaian dengan jurusan keilmuan di bidang ilmu Hukum Perdata Bisnis. Demi menyelaraskan dan menggali lebih dalam keilmuan tersebut, Ibu Rissa  menuangkan pemikiran keilmuan dalam bentuk karya ilmiah berjudul “Perlindungan Hukum Pedagang Kecil dari Keberadaan Franchise Minimarket (Studi Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 17 Tahun 2009)” dalam bentuk jurnal yang diterbitkan melalui Jurnal Keadilan Progresif  Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung (UBL). Karya Ilmiah tersebut nantinya diharapkan akan menjadi sumbangan pegembangan keilmuan bagi para mahasiswa khususnya di FH dan FE Unmal Universitas Malahayati. Tulisan tersebut juga dijadikan sebagai salah-satu materi dalam perkuliahan Hukum Perdata dan Aspek Hukum Dalam Bisnis di FH dan FE Unmal adalah sebagai berikut:

JURNAL – RISSA AFNI M – DOSEN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MALAHAYATI-

 

 

Jurnal Ade Maria Ulfa yang Berjudul Perbandingan Kadar Ampisilin Dalam Sediaan Tablet Dengan Nama Generik Dan Nama Dagang Secara Kromatografi Cair Kinerja Tinggi

SEORANG dosen Program Studi Kebidanan Universitas Malahayati, Ade Maria Ulfa. Dalam jurnal Kebidanan Malahayati Volume 2 nomor 2, April 2016. Menulis jurnal yang berjudul “Perbandingan Kadar Ampisilin Dalam Sediaan Tablet Dengan Nama Generik Dan Nama Dagang Secara Kromatografi Cair Kinerja Tinggi”.

Jurnal ini dilatarbelakangi oleh anggapan masyarakat yang cendrung menilai bahwa obat yang berkhasiat adalah obat yang mempunyai harga mahal, persepsi yang salah tersebut menyebabkan obat generik dinilai tidak bermutu maka, dalam penelitian ini, dilakukan penetapan kadar ampisilin dalam sediaan tablet generik dan nama dagang. Ampisilin adalah salah satu antibiotik yang digunakan untuk pengobatan infeksi pada saluran pernapasan, saluran cerna dan saluran kemih. Agar dapat menimbulkan efek terapi yang diinginkan kadar ampisilin harus memenuhi persyaratan kadar yang telah ditetapkan Farmakope Indonesia Edisi IV yaitu tidak kurang dari 90,0% dan tidak lebih dari 120,0% dari jumlah yang tertera pada etiket.

Sample yang digunakan tablet ampisilin generik (A I) dan tablet nama dagang (BI). Penetapan kadar tablet ampisilin secara kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) menggunakan fase gerak campuran air : asetonitril : KH2PO4 : asam asetat dengan perbandingan 909:80:10:1 laju alir 1,0 ml/menit menggunakan kolom C18 dan detektor 254 nm.

Baca selengkapnya:

cover-jkm-2

img_20161125_232405_206 img_20161125_232351_785 img_20161125_232337_494 img_20161125_232317_369 img_20161125_232300_213 img_20161125_232236_291

Jurnal Ade Maria Ulfa yang Berjudul Analisa Asam Benzoat Dan Asam Salisilat Dalam Obat Panu Sediaan Cair

SEORANG dosen Program Studi Kebidanan Universitas Malahayati, Ade Maria Ulfa. Dalam jurnal Kebidanan Malahayati Volume 2 nomor 2, April 2016. Menulis jurnal yang berjudul “Analisa Asam Benzoat Dan Asam Salisilat Dalam Obat Panu Sediaan Cair”.

Penyakit panu adalah penyakit kulit yang banyak diderita oleh masyarakat di daerah tropis, salah satunya adalah Indonesia. Oleh karena itu diperlukan obat anti jamur yang mengandung zat-zat aktif tertentu yaitu kombinasi asam benzoat sebagai zat anti jamur dengan asam salisilat sebagai zat keratolitik. Telah dilakukan penelitian penetapan kadar asam benzoat dan asam salisilat pada obat panu sediaan cair yang beredar di toko obat di Pasar Tengah Bandar Lampung secara Alkalimetri dan Spektrofotometri UV-Visible dengan tujuan untuk mengetahui kadar asam benzoat dan asam salisilat seperti yang tertera pada etiket yaitu 4% (asam benzoat) dan 4-10% (asam salisilat). Jumlah sample pada penelitian ini adalah dua sample dengan kriteria sample yaitu obat panu sediaan cair yang yang mencantumkan asam benzoat dan asam salisilat pada komposisi.

Baca selengkapnya:

cover-jkm-1

img_20161125_231703_274 img_20161125_231651_948 img_20161125_231640_680 img_20161125_231630_136 img_20161125_231619_280 img_20161125_231608_792 img_20161125_231555_375 img_20161125_231542_603 img_20161125_231519_623

Jurnal Ade Maria Ulfa yang Berjudul Penetapan Kadar Logam Besi (Fe) Pada Air Sumur Galian Warga Sekitar Industri “X” Kecamatan Panjang Dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom

SEORANG dosen Program Studi Farmasi Universitas Malahayati, Ade Maria Ulfa . Dalam jurnal Analis Farmasi Volume 1 nomor 3, Juli 2016. Menulis jurnal yang berjudul “Penetapan Kadar Logam Besi (Fe) Pada Air Sumur Galian Warga Sekitar Industri “X” Kecamatan Panjang Dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom”.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kadar logam besi (Fe) dalam air. Metode yang digunakan adalah spektrofotometri Serapan Atom dengan menggunakan sample air sumur galian warga di sekitar industri “X” RT 21 Kelurahan Way Lunik Kecamatan Panjang, Bandar Lampung. Logam besi (Fe) termasuk golongan logam berat non esensial, yaitu dalam jumlah tertentu dibutuhkan tubuh namun dalam jumlah berlebihan menimbulkan efek toksik.

Baca Selengkapnya:

cover-jaf

isi-jurnal-farmasi

Jurnal Dina Dwi Nuryani yang Berjudul Hubungan Kebiasaan Keluar Pada Malam Hari Dan Memakai Obat Nyamuk Dengan Kejadian Malaria Di Desa Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran 2015

SEORANG dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati, Dina Dwi Nuryani . Dalam jurnal Dunia Kesehatan Masyarakat Volume 5 nomor 2, April 2016. Menulis jurnal yang berjudul “Hubungan Kebiasaan Keluar Pada Malam Hari Dan Memakai Obat Nyamuk Dengan Kejadian Malaria Di Desa Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran 2015”.

Kabupaten Pesawaran merupakan daerah endmis malaria. Tujuan penelitian diketahui hubungan kebiasaan keluar pada malam hari dan memakai obat nyamuk dengan kejadian malaria di Desa Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Rancangan penelitian kuantitatif dengan dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sample 92 orang dipilih dengan random sampling sederhana. Analisis menggunakan uji Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95%.

Baca selengkapnya:

image-01 image-08 image-02 image-03 image-04 image-05 image-06 image-07