Silaturahmi Rektor Universitas Malahayati dengan Gubernur Lampung


BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id):
Rektor Universitas Malahayati (UNMAL) Dr. Achmad Farich,dr., MM dan jajaran melakukan kunjungan silaturahmi dengan

Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi di Rumah Dinas Gubernur Mahan Agung, Selasa, 7 Februari 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Rektor dan jajaran disambut langsung oleh Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi yang di dampingi oleh Ir. Hamartoni Ahadis, M.Si. (Kaban Litbangda) dan Tommy E Hendarta S.STP ( Sekdis pendidikan & Kebudayaan). (gil/humasmalahayatinews)

Universitas Malahayati Jajakan Audiensi Bersama Universitas Lampung

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati (Unmal) Bandarlampung laksanakan audiensi kerjasama bersama Universitas Lampung (Unila), Minggu (5/2/2023). Acara dilaksanakan di ruang pertemuan Aston Hotel Lampung, dihadiri oleh Rektor Unila dan jajaran beserta Rektor Unmal dan jajaran. Adapun rencana kerjasama in adalah dalam rangka untuk kemajuan dan peningkatan mutu perguruan tinggi.

Dr. Achmad Farich, dr., MM selaku Retor Universitas Malahayati mengatakan kegiatan ini merupakan inti atau kebutuhan pokok dari perguruan tinggi khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Rektor pun mengucapkan terimakasih kepada Unila dan LPPM yang telah mengundang Universitas Malahayati pada pertemuan pada sore hari ini.

“Ini merupakan suatu hal yang terlihat informal, namun bagi kami Universitas Malahayati ini merupakan sesuatu kegiatan yang sangat penting” ujar Rektor.

“Kami sangat membutuhkan beberapa dukungan didalam kemajuan dan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi”. lanjutnya.

“Pada intinya kami membutuhkan tiga hal yang pertama pendidikan dan tenaga dosen, pemanfaatan sarana prasarana, MBKM dan KKL”. sambung Rektor.

“Harapan kami kedepan nantinya akan sharing, individu dengan individu dan peningkatan jenjang akademik untuk para dosen”. tandasnya. (gil/humasmalahayatinews)

World Cancer Day “Close The Care Gap”

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Sejarah Hari Kanker Sedunia Melansir situs National Today, sejarah Hari Kanker Sedunia tak lepas dari berdirinya organisasi ICC pada tahun 1993 di Jenewa, Swiss. Berdasarkan inisiasi UICC, International Cancer Day atau Hari Kanker Internasional pertama kali dirayakan di Jenewa pada tahun yang sama. Selanjutnya, World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia barulah diresmikan pada tahun 2000 melalui World Summit Against Cancer atau KTT Dunia Melawan Kanker pertama yang berlangsung di Paris, Prancis. Melalui dokumen berjudul ‘Charter of Paris Against Cancer’ atau ‘Piagam Paris Melawan Kanker’, menguraikan komitmen global untuk meningkatkan fasilitasi dan kualitas hidup pasien kanker. Hingga kini, setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Tujuan utama merayakan hari in adalah untuk mengurangi jumlah pasien kanker dan untuk mengurangi tingkat kematian yang disebabkan karenanya.

Selamat Hari Kanker Sedunia, 04 Februari 2023 “Close The Care Gap” I’m a survivor. (gil/humasmalahayatinews)

Universitas Malahayati Kampus Swasta Terpopuler di Lampung dan Peringkat 26 Nasional Versi UniRank

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandarlampung menjadi Universitas Swasta terpopuler kedua di Provinsi Lampung tahun 2023 dan terpopuler ke-26 di Indonesia. Pemeringkatan ini berdasarkan perhitungan Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, 4 International College and Universities (4ICU) UniRank.

Berdasarkan pemeringkatan UniRank, Universitas Malahayati juga berada pada peringkat 64 Universitas terpopuler se Indonesia. Dari 582 perguruan tinggi nasional baik negeri maupun swasta yang memenuhi kriteria seleksi tahun 2023.

Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. Achmad Farich, dr., MM berterima kasih kepada semua pihak atas capaian prestasi sehingga Universitas Malahayati bisa masuk di dalam 100 besar Kampus terbaik dan terpopuler di Indonesia versi UniRank.

“Berkat semua pihak dan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Universitas Malayahati, sehinnga kita dapat menjadi Kampus swasta terpopuler kedua di Provinsi Lampung dan ke-26 di Indonesia,” kata Achmad Farich, Senin (30/1/2023).

Dalam penilaian, UniRank memiliki metode tersendiri dengan menitik beratkan pada popularitas universitas berdasarkan data non-akademik, aktivitas dan popularitas website maupun media sosial lainnya yang menunjang publisitas pendidikan tinggi menjadi referensi UniRank dalam memberikan penilaian.

Sejak menjadi rektor pada 2019, Achmad Farich mencanangkan lima program dan kesepakatan bersama jajaran akademika universitas, dirinya tidak menyangka ternyata 5 program tersebut turut serta mendorong popularitas universitas versi pemeringkatan UniRank.

“Pada saat itu, saya tidak ada ambisi untuk perbaikan ranking, ambisi saya betul-betul bagaimana Universitas Malahayati menjadi universitas bermutu unggul dan berstandar internasional itu saja yang saya kejar. Tapi rupanya apa yang kami lakukan ini memang sangat sesuai bagi tadi untuk tim-tim penilaian dari UniRank ternyata mereka memang betul-betul mengharapkan proses data itu atau informasi yang diperoleh dengan mudah dari website atau sistem informasi yang dimiliki, nah itulah yang beberapa yang kita sudah kita lakukan,” katanya.

Rektor Achmad Farich menjelaskan, lima program tersebut diantaranya, yang pertama adalah perbaikan sistem informasi, memperbaiki dan meningkatkan sistem informasi secara bertahap bisa dilaksanakan oleh dosen bukan hanya di level fakultas dan program studi tetapi sampai bisa dilaksanakan oleh dosen di semua ruangan kuliah. Kedua adalah peningkatan kinerja dosen dengan menerapkan empat hal pertama adalah peningkatan jenjang akademik dosen sehingga dapat meningkatkan jenjang karir dosen, kedua adalah peningkatan pembelajaran, bagaimana dosen-dosen dilatih untuk bisa melaksanakan pembelajaran secara hybrid tatap muka maupun dengan menggunakan perangkat atau aplikasi dengan kuliah daring.

Kita latih seluruhnya dan sehingga dosen sudah antisipasi kalau-kalau nanti terjadi kesulitan mahasiswa atau si dosen juga terkendala karena kesehatan dan sebagainya perkuliahan tetap jalan sehingga untuk laporan kinerja dosen kegiatan akademik sama sekali tidak terganggu,” ujarnya.

Ketiga adalah peningkatan penelitian dosen, semua dosen wajib minimal dua kali dalam setahun perdosen dan menjadi bagian evaluasi standar penilaian kinerja dosen, dan keempat adalah peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen baik oleh dosen maupun dosen dan bersama dengan mahasiswa.

Program ketiga ialah melakukan pembenahan fasilitas sarana prasarana, terutama pemenuhan fasilitas sarana prasarana untuk praktikum yang mulai bisa terintegrasi secara online, keempat adalah publikasi ilmiah. Setiap dosen diharuskan melakukan penelitian dua kali dalam setahun kemudian hasil penelitian dipublikasikan.

“Karena sebagian besar publikasi ilmiah berbasis website, jadi mungkin ini salah satu memudahkan kepada UniRank  menilai ranking jadi lebih mudah,” ucap rektor.

Dan kelima adalah pemantapan sistem pelaporan disemua item kegiatan.  Menurut Achmad Farich pemantapan sistem laporan ini dapat memudahkan pemeroses informasi sehingga dapat lebih mudah diakses. Selama ini banyak laporan yang terpecah-pecah di masing-masih bidang, contohnya terkait kerjasama, sebelumnya sangat sulit mengakses karena harus mencari dulu siapa penanggungjawabnya dan lainnya, namun dengan pemantapan sistem pelaporan, semua informasi akan menjadi satu tersentran secara dengan sistem intgrated information.

“Itulah 5 Program yang kita jalankan, terutama perbaikan sistem informasi, karena secara kualitatif dari beberapa keluarga calon mahasiswa atau mahasiswa yang kita temui, mereka mengetahui kampus Universitas Malahayati mendapat informasi dari teman, keluarga, dan website serta media sosial setalah itu menggali lebih dalam dengan mengunjungi kampus,” terangnya.

Dalam mewujudkan Universitas terbaik dan terpopuler di Lampung dan Indonesia, Universitas Malahayati terus meningkatkan mutu lima program yang telah dicanagkan diatas, selain itu akan menambah keterlibatan para dosen dan mahasiswa di dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dan memperbanyak kerjasama dengan pihak-pihak terkait baik pemerintah daerah dan swasta.

“Sekarang kita terus melakukan peningkatan pendidikan dosen dengan makin banyak mengirimkan dosen melanjutkan program pendidikan  S3 dan meningkatkan jenjang karirnya. Selain itu lebih melibatkan mahasiswa sesuai program pemerintah di dalam pendidikan tinggi salah satunya adalah merdeka belajar kampus merdeka ada di dalam merdeka belajar kampus merdeka ini mahasiswa akan banyak terlibat dengan magang dengan dunia industri dan dunia usaha,” ucapnya.

Metode pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank adalah dengan menggunakan 5 (lima) kompenen penilaian, antara lain:

  1. Moz Domain Authority, yakni UniRank menggunakan penilaian domain pencarian sebagai substansi penilaiannya.
  2. SimilarWeb Global Rank, UniRank menggunakan penilaian yang lebih spesifik dan komprehensif melalui SimilarWeb Global Rank dimana peringkat dihitung berdasarkan campuran perkiraan tentang pengunjung unik pada setiap bulan situs dan tampilan halaman bulanan di desktop dan traffic pada web seluler.
  3. Majesting Referring Domains, UniRank melakukan penilaian berdasarkan parameter kualitas backlink (URL Webpages) dan citation flow (penilaian kuantitas link
  4. Majestic Trust Flow, Selanjutnya UniRank menggunakan pengukuran ini untuk digunakan dalam menentukan ambang batas kepercayaan publik terhadap pemeringkatan domain.

Berikut daftar 30 Universitas Swasta terpopuler di Indonesia versi UniRank 2023 :

  1. Universitas Bina Nusantara
  2. Universitas Telkom
  3. Universitas Teknokrat Indonesia
  4. Universitas Gunadarma
  5. Universitas Islam Indonesia
  6. Universitas Muhammadiyah Malang
  7. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  8. Universitas Dian Nuswantoro
  9. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  10. Universitas Mercu Buana
  11. Universitas Medan Area
  12. Universitas Ahmad Dahlan
  13. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  14. Universitas Kristen Petra
  15. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  16. Universitas Pamulang
  17. Universitas Islam Malang
  18. Universitas Esa Unggul
  19. Universitas Sanata Dharma
  20. Universitas Surabaya
  21. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  22. Universitas Katolik Parahyangan
  23. Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  24. Universitas Komputer Indonesia
  25. Universitas Katolik Soegijapranata
  26.  Universitas Malahayati
  27. Universitas Kristen Satya Wacana
  28. Universitas Bina Sarana Informatika
  29. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  30. Universitas Islam Bandung

Demikian daftar 30 PTS terbaik di Indonesia tahun 2023 versi UniRank. Perlu diketahui, setiap lembaga pemeringkatan menggunakan kriteria penilaian berbeda-beda.

Raih masa depan dan cita-citamu dengan melanjutkan pendidikan di Universitas Malahayati Bandarlampung. (gil/humasmalahayatinews)

Mahasiswa Universitas Malahayati Terpilih Ikuti Istanbul Youth Summit 2023

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Hari in Rektor Universitas Malahayati Dr. Achmad Farich, dr., MM didampingi Wakil Rektor Ill Dr. Eng. Rina Febrina, ST., MT serta Biro kemahasiswaan Ricko Gunawan, S.Kep., M.Kes dan Rudi Winarno, S.Kep., NS., M.Kes melepas Dewi Rahayu (19310033) Mahasiswi Prodi Pendidikan Dokter untuk mengikuti kegiatan Istanbul Youth Summit 2023 yang akan dilaksanakan tanggal 6-9 februari 2023 di Windsor Hotel & Convention Center, Istanbul, Turki.

Dr. Achmad Farich, dr., MM mengucapkan selamat atas terpilihnya mahasiswa Universitas Malahayati di ajang Istanbul Youth Summit 2023.

“Selamat dan sukses, semoga Dewi Rahayu dapat mengahrumkan Universitas Malahayati dan Indonesia di ajang Internasional ini”. kata Rektor.

Dewi Rahayu memaparkan Istanbul Youth Summit (IYS) 2023 adalah program yang didirikan oleh Yayasan Youth Break the Boundaries (YBB). Kegiatan tersebut berupaya untuk membangun semangat kepemimpinan muda dan melatih pemimpin masa depan yang luar biasa melalui pendekatan pendidikan berbasis moral yang berfokus pada pembinaan nasionalisme, nilai-nilai karakter, dan budaya internasional pada generasi muda. Tema pada ajang ini adalah “Social Development Goals for Emerging Leaders”.

Saat ditanya, What are you hope after this event ? Dewi Rahayu menjawab “I hope that the representatives of Istanbul Youth Summit 2023 will benefit from this program as much as possible”. ujarnya.

“It is important not only for  knowledge, but also for networking relationships and the building of a youth presence in the international arena. This is very important. So that the main objective of this program can be truly achieved and can become one of the instruments to accelerate the progress of the nation”. tuntasnya. (gil/humasmalahayatinews)

Dirgahayu SATPAM Ke-42

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Dirgahayu Satpam Ke 42 “Sinergitas Satpam dan Polri Peduli untuk Sesama”.

SATPAM Universitas Malahayati senantiasa menjalan tugas secara proporsional mengedepan pelayanan yg humanis senyum.salam.sapa.demi terciptanya kenyamanan.keamanan di ruang lingku kerja..dan memegang teguh 5 prinsip penuntu SATPAM..dalam menjalankan tugas. (gil/humasmalahayatinews)

Ikut Wisuda di Universitas Malahayati, Tarmizi Ajak Karyawan Swasta dan Pegawai Negeri Lanjutkan Pendidikan S2

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Malahayati Bandarlampung, Tarmizi, SE., M.Ak ikut diwisuda periode ke 34 di Gedung Graha Bintang, Kamis (26/1/2023). Kegiatan ini diikuti 448 Wisudawan dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum.

Tarmizi mengatakan dengan padatnya aktifitas, dirinya tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister. Menurutnya, gelar yang diperoleh saat ini sangat menunjang profesinya.

“Pendidikan itu penting apalagi untuk saya yang bekerja. Karena, kedepannya gelar yang saya peroleh bisa menunjang karir di tempat saya bekerja,” kata Tarmizi.

Dia mengajak lainnya yang saat ini sudah bekerja untuk terus meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sehingga ke depan bisa menunjang karir di tempat kerja. Menurutnya, Universitas Malahayati menjadi pilihan yang tepat untuk terus melanjutkan pendidikan Magister.

“Universitas Malahayati sudah memiliki Pascasarjana Magister Kesehatan Masyarakat dan Akutansi. Silahkan Daftar,” ujarnya.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Malahayati Bandar Lampung bisa mengakses melalui http://pendaftaran.malahayati.ac.id/registrasi/index.php. (gil/humasmalahayatinews)

Universitas Malahayati Gelar Wisuda Periode 34, Rektor : Alumni Harus Siap Hadapi Perubahan

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati (Unmal) Bandarlampung kembali mewisuda para mahasiswa sebanyak 448 peserta, yang terdiri dari 101 Wisudawan dan 347 Wisudawati. Total saat ini Universitas Malahayati sudah meluluskan 15.719 alumni, yang tersebar dan terserap di Instansi Pemerintah dan swasta.

Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. Achmad Farich, dr. MM., mengucapkan selamat kepada para lulusan yang telah menempuh pendidikan selama di Universitas Malahayati. “Saya berharap para alumni terus meningkatkan kemampuan ilmu dan berkompetisi di dunia kerja yang makin kompetitif. Memasuki era digital saat ini, penggunaan teknologi informasi, mesin dan Kecerdasan buatan (AI) tidak bisa dihindari karena kita sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0,” ucap Rektor saat memberikan sambutan di Gedung Graha Bintang, Kamis (26/1/2023).

Perubahan ini, ujar Rektor, harus dibarengi dengan sumber daya manusia (SDM) yang kuat. “Menghadapi perubahan dari metode tradisional ke metode yang dianggap modern dimana sarat teknologi. Jadi diperlukanlah SDM yang tidak lemah, tidak mudah frustasi dan tidak mudah depresi terkena perubahan era masa kini, untuk itu menjadi tugas berat bagi dunia pendidikan untuk tetap mendudukkan faktor manusia dalam setiap aspek penyelenggaraan pendidikan,” ujar Rektor.

Mendidik manusia dengan keunikannya sebagai manusia yang bertumbuh dan berkembang tidak hanya secara fisik, juga perasaan, cara berpikir, dan spirit. Untuk itu, menuntut pendidikan yang senantiasa juga berkembang baik kurikulum, media belajar, pola ajar, strategi mengajar hingga gaya mengajar.

Untuk menghadapi dunia kerja para alumi juga dituntut memiliki kemampuan human relationship yang baik dan hal tersebut sangat terkait sikap, perilaku, serta komunikasi dari seseorang. Saya mengucapkan selamat berjuang dan selamat datang di dunia kerja yang nyata bagi para wisudawan. Kesuksesan hari ini, jadikan modal untuk meraih kesuksesan di dunia kerja,” ungkap Rektor.

Sementara, Wakil Rektor I Universitas Malahayati Bandar Lampung Muhammad S.Kom., MM. dalam laporannya mengatakan Universitas Malahayati menggelar Wisuda Program Magister, Sarjana Strata Satu dan Program Diploma Periode ke 34 Tahun 2023. “Hari ini Universitas Malahayati mewisuda 448 peserta dengan rincian Fakultas Kedokteran 58 peserta, Fakultas Ilmu Kesehatan 306 peserta, Fakultas Teknik 20 peserta, Fakultas Ekonomi dan Manajemen 50 peserta, dan Fakultas Hukum 14 peserta. Dan 13 peserta Wisudawan/Wisudawati cumlaude tingkat Program Studi (Prodi) Universitas Malahayati,” ucap Muhammad. (gil/humasmalahayatinews)

Dokumentasi dapat dilihat di Facebook (Universitas Malahayati) dan Youtube (Universitas Malahayati)

Data Wisudawan/Wisudawati yang berhasil mendapatkan peringkat terbaik tingkat prodi di Universitas Malahayati :

1. Fakultas Kedokteran

Program Studi Sarjana Kedokteran

Nama        : Tanika Nur Fadhilah

IPK            : 3.51

Predikat     : Dengan Pujian

2. Fakultas Ilmu Kesehatan

Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat

Nama        : Syafrizal

IPK            : 3.95

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat

Nama        : Novia Randi Pratiwi

IPK            : 3.82

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi Diploma IV Kebidanan

Nama        : Diajeng Wulandari Budjana

IPK            : 3.64

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi Sarjana Keperawatan

Nama        : Rahayu

IPK            : 3.74

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi DIII Analisis Farmasi dan Makanan

Nama        : Anisa Eka Septiyanti

IPK            : 3.80

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi DIII Kebidanan

Nama        : Fahratun Nailiyah

IPK            : 3.85

Predikat     : Dengan Pujian

3. Fakultas Teknik

Program Studi Sarjana Teknik Industri

Nama        : Dinda Zulwi Amalia Tifani

IPK             : 3.60

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan

Nama        : Cut Nada Nadya

IPK            : 3.55

Predikat     : Dengan Pujian

4. Fakultas Ekonomi dan Manajemen

Program Studi Akuntansi Program Magister

Nama        : Anggi Chandraini

IPK            : 4.00

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi Sarjana Akuntansi

Nama        : Hayli Gustina

IPK            : 3.86

Predikat     : Dengan Pujian

Program Studi Sarjana Manajemen

Nama        : Septi Yana

IPK            : 3.84

Predikat     : Dengan Pujian

5. Fakultas Hukum

Program Studi Sarjana Ilmu Hukum

Nama        : Kristina Tiya Ayu

IPK            : 3.85

Predikat     : Dengan Pujian

Fakultas Teknik Universitas Malahayati Gelar Yudisium Periode 34

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Fakultas Teknik Universitas Malahayati Bandarlampung gelar Yudisium Periode 34 di Gedung MCC Universitas Malahayati Bandarlampung. Jumat (20/1/2022).

Yudisium ini melibatkan 4 Program Studi meliputi; Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Teknik Industri dan Teknik Mesin. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV, seluruh Ka.Prodi, dosen Fakultas Teknik dan jajaran panitia. Sebanyak 20 Mahasiwa/i yang mengikuti Yudisium hari ini.

Wakil Rektor IV Universitas Malahayati, Drs. Suharman, M.Pd mengucapkan selamat kepada para peserta Yudisium.

“Selamat kepada Mahasiswa/i yang telah lulus dan mendapatkan gelar S.T., yang akan langsung berkiprah didunia kerja dan ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab untuk menjaga nama baik almamater Universitas Malahayati”. kata Suharman.

Ir. Yan Juansyah, DEA selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Malahayati mengucapkan selamat dan motivasi kepada seluruh peserta Yudisium.

“Saya bangga sebagai Dekan Fakultas Teknik kepada Mahasiswa/i yang telah lulus. Harapannya alumni ini mampu berkompetisi diera digital dan mampu meningkatkan kinerja keilmuan sesuai dengan gelarnya”.  ujar Yan. (gil/humasmalahayatinews)

Dokumentasi dapat dilihat di Facebook (Universitas Malahayati)