Prodi Kebidanan DIII Gelar Akreditasi

Prodi Kebidanan DIII Gelar Akreditasi

Program Studi D III Kebidanan Melakukan pemeriksaan Data Penunjang untuk akreditasi pada 12-13 Mei 2017. Assesor yang melakukan visitasi pada akreditasi kali ini yaitu Ismarwati, SKM.,SST.,M.Ph dan Sri Sumarni, M.Mid yang disambut oleh bapak Rektor Dr.Muhammad Kadafi,SH,MH di ruang Rapat Universitas Malahayati Bandar Lampung. Acara Akreditasi ini dihadiri Oleh Rektor,Wakil Rektor,Dekan dan seluruh dosen Prodi DIII Kebidanan Unmal.

Rektor Dr.Muhammad Kadafi,SH,MH menyambut tim Assesor.

Assesor kemudian mengunjungi fasilitas Universitas Malahayati seperti: Perpustakaan, Laboratorium, CBT, OSCE, dan Ruang Kebidanan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Selain mengunjungi fasilitas yang ada di Universitas Malahayati, Assesor juga mengunjungi Lahan Praktik bidan yang bekerja sama dengan Prodi DIII Kebidanan Universitas Malahayati. Kunjungan Masih terus berlangsung hingga sore hari selama dua hari. harapan seluruh civitas Universitas Malahayati Kunjungan Tahun ini bisa berjalan dengan lancar.

Kaprodi Kebidanan bu Dainty Maternity,S.ST,M.Keb sedang Mempresentasikan Profil Prodi DIII Kebidanan Unmal.

 

Asesor Mengunjungi Perpustakaan Universitas Malahayati.

Asesor Mengunjungi Laboratorium dan CBT.

Kaprodi dan Tim Assesor mengunjungi ruang OSCE dan Laboratorium Komunitas.

Dosen dan Tim Assesor mengunjungi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin

Mahasiswa Unmal Asal Banten Gelar Juminten 2016 di Hotel Emersia

MAHASISWA Universitas Malahayati asal Banten gelar Jumpa Mahasiswa Banten (Juminten) 2016. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 12 November 2016 di Hotel Emersia. Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar mahasiswa Banten, memperkenalkan mahasiswa asal Banten 2016 dan pemilihan ketua Juminten dan ketua Keluarga Mahasiswa Banten (KMB).

Pertemuan ini dihadiri oleh dokter pembimbing, tamu undangan, mahasiswa koas serta seluruh mahasiswa asal Banten angkatan 2013 hingga 2016. Acara ini mengusung tema “Tina Salembur Jadi Sadulur“. Agar acara ini berjalan dengan sukses, panita membutuhkan waktu jauh hari untuk mempersiapkan.

Serangkaian acara Juminten kali ini ialah pembukan, sambutan, makan malam, perkenalan dan penampilan semua angkatan, games, pemilihan ketua Juminten dan ketua KMB. Acara berjalan dengan lancar, terlihat dengan antusias dari semua pihak mengikuti serangkaian acara. Tidak terdapat kendala yang berarti, semua terlihat lancar Dan sukses.

“Terima kasih atas partisipasinya dr Marni serta keluarga dan dr Sri Maria Puji serta keluarga, kakak coas dan seluruh angkatan mahasiswa asal Banten. Semoga Juminten kedepannya dapat membuat lebih erat lagi, lebih kebersamaannya dan lebih baik lagi. Hatur nuhun kepada panitia yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya,” ujar Samsul Bahri, Ketua Juminten 2016.[]

TBM Coronarius Gelar Penyuluhan di SMP IT Baitul Jannah

TBM Coronarius Gelar Penyuluhan di salah satu SD dan SMP di Bandar Lampung. Acara ini masih merupakan salah satu agenda Dari 10 rangkaian acara HUT TBM Coronarius. Acara penyuluhan ini diadakan di SD Negeri 1 Sumber Agung dan SMP IT Baitul Jannah pada 29 Oktober 2016.

Pembagian tugas dibagi menjadi dua grup yakni mengarap pada siswa SD dan SMP.  Pada grup SMP, TBM Coronarius mengacu pada siswa dan siswi kelas tujuh dan delapan. Materi yang disampaikan kali ini mengenai Trauma Muskuloskeletal dan Penanganannya.

Usai menjelaskan materi, setiap kelas langsung dibagi menjadi depalan kelompok, yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 6 hingg 7 siswa dan siswi. Setiap kelompok akan dimentoringkan oleh 2 hingga 3 anggota TBM Coronarius. Penyuluhan kali ini mengajarkan mengenai cara penanganan luka, cara memberhentikan pendarahan sederhana seperti mimisan dan cara pembidaian jika terjadi patah tulang.

Setelah itu, mentoring mempraktikan dan disusul oleh para siswa untuk mengaplikasikan apa yang sudah dicontohkan. Terakhir, para mentor memberikan tes yang berupa kasus cerita dan melihat bagaimana cara mereka menanganinya. Sebelum pulang TBM Coronarius berkumpul dengan kepala sekolah dan guru untuk mengucapkan terimakasih dan memberikan kenang-kenangan ke pihak sekolah. Alhamdulillah pihak SMP TI Baitul Jannah merasa senang dan siswa terlihat antusias untuk mengikuti acara ini.[]

 

TBM Coronarius Gelar Penyuluhan di SDN 1 Sumber Agung

TBM Coronarius Gelar Penyuluhan di salah satu SD dan SMP di Bandar Lampung. Acara ini masih merupakan salah satu agenda Dari 10 rangkaian acara HUT TBM Coronarius. Acara penyuluhan ini diadakan di SD Negeri 1 Sumber Agung dan SMP IT Baitul Jannah pada 29 Oktober 2016.

Pembagian tugas dibagi menjadi dua grup yakni mengarap pada siswa SD dan SMP.  Pada grup SD, TBM Coronarius mengacu pada siswa dan siswi kelas dua dan tiga, yang dalam kelas tiga terbagi menjadi 3A dan 3B. Masing-masing kelas terdiri dari 25 hingga 30 siswa yang masing-masing kelas terdapat 3 mentor. TBM memulai acara ini pukul 10.00 WIB.

Untuk kelas 2 diajarkan bagaimana cara mencuci tangan dan menggosok gigi, serta langsung mempraktekannya. Sedangkan, untuk kelas 3, diajarkan cara mencuci tangan dan penanganan luka. Ditambah dengan hadiah2 di tiap kelasnya bagi yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mentornya, maupun yang berani maju kedepan untuk mempraktekan apa saja yang telah dipelajari. Masing-masing siswa diberikan susu Mikuat. Diakhir kegiatan adalah sesi foto bersama dengan kepala sekolah, guru, siswa dan siswi serta aggota lain TBM Coronarius yang juga ikut berpartisipasi dalam acara ini.[]

HMTI Gelar Kunjungan Industri Ke PT Coca Cola Tanjung Bintang

FAKULTAS Teknik Program Studi Industri Universitas Malahayati gelar Kunjungan Industri ke PT. Coca Cola Amatil Bottling, Tanjung Bintang. Acara ini dilaksanakan pada Selasa, 25 Oktober 2016 menaiki sebuah bis Trans Lampung. Terlihat kunjungan ini dihadiri oleh dosen prodi industri serta seluruh mahasiswa/i angkatan 2013 hingga 2016.

Dalam rangka memperkenalkan dunia kerja kepada seluruh mahasiswa teknik industri, Himpunan Jurusan Teknik Industri (HMTI) mengadakan kegiatan kunjungan. Sebelumnya HMTI pernah mengadakan kunjungan ke PT. Sosro, Palembang. Kini HMTI memilih untuk mengunjungi PT. Coca Cola yang hanya ditempuh satu jam perjalanan.

Sesampainya di PT. Coca Cola, seluruh mahasiswa beserta dosen disambut dengan semangat pagi. Salah satu karyawan di PT ini menjelaskan sejarah serta perkembangan Coca Cola melalui video. Mahasiswa begitu antusias, terlihat dari cara mereka mengajukan beberapa pertanyaan.

Kunjungan kali ini menjelaskan mengenai proses produksi, mulai dari pencucian botol, pencampuran bahan, pengisian, pengemasa, pendistribusian hingga pengolahan limbah cair yang dihasilkan.[]

TBM Coronarius Gelar Coronarius Cup

MEMPERINGATI hari ulang tahun TBM Coronarius ke-10 pada 1 Agustus 2016 lalu, TBM Coronarius gelar Coronarius Cup. Acara ini berlangsung pada Minggu, 16 Oktober 2016 di Lapangan Tenis Universitas Malahayati. Coronarius Cup ini merupakan permainan games yang melibatkan seluruh anggota TBM Coronarius.

Acara ini dimulai dengan flash mob oleh seluruh anggota TBM angkatan 8 dan 9, serta diikuti oleh Dewan Pengawas Organisasi (DPO) TBM Coronarius. Selanjutnya pernainan dimulai pukul 08.00 WIB hingga waktu dzuhur. Lalu dilanjutkan pada pukul 13.30 hingga 17.00 WIB. Permainan ini meliputi lompat tali, lomba bakiak, makan kerupuk, tarik tambang, tebak gaya, balap karung, futsal, water pour, dan terakhir ditutup dengan sesi foto bersama.

Sesuai dengan tema yakni “10 Action for Coronarius be Better”. Jadi semuanya berkaitan dengan angka sepuluh. Mulai dari jumlah kegiatan atau games, namun dikarenakan waktunya yang kurang memungkinkan, jadi hanya dapat melaksanakan delapan games, dan duanya diganti dengan flash mob serta foto bersama.[]

BEM FK Gelar Bulan Bakti dan Bulan Aksi

BADAN Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM FK) Universitas Malahayati gelar Bulan Bakti sekaligus Bulan Aksi. Acara ini merupakan program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat BEM FK, yang berlokasi di Puskesmas Kemiling pada Sabtu, 15 Oktober 2016. Acara ini mengundang ibu-ibu dan balita di sekitar puskesmas.

Acara ini merupakan program dari ISMKI Nasional, acara ini mengusung tema “Hello! Good Nutrition”, jadi fokus mengenai Gizi seimbang. Temanya ini tentang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang juga merupakan salah satu program pemerintah dalam peningkatan taraf kesehatan ibu dan anak. Tak lupa acara ini juga bertujuan untuk menurunkan angka morbiditas dan mortalitas ibu dan anak, karena ibu dan anak adalah salah satu tonggak besar bangsa.

Serangkaian acara yakni penyuluhan tentang gizi, pembagian doorprize dan di akhir terdapat pemeriksaan tensi darah + konsultasi kesehatan ibu dan anak secara gratis. “Alhamdulillah lancar, antusias ibu-ibu disana juga excited, banyak yang bertanya dan berharap acaranya bisa rutin diadakan. Harapannya dari kami semoga acara ini bisa rutin diadakan, walaupun diluar proker ISMKI. Jadi pure dari BEM FK nya sendiri. Selain tujuan utamanya untuk promotif, preventif dan kuratif masalah kesehatan, disamping itu nama kampus hijau ini juga bisa terdengar diluar,” ujar Desta Wulan Restu, Selaku Ketua Pelaksana.[]

Pemilihan Raya Capres dan Cawapres Universitas Malahayati

HARI Pemilihan Raya Capres dan Cawapres baru Universitas Malahayati. Acara ini kembali digelar pada 13 Oktober 2016 di Gedung Perkuliahan ruang 1.24. Acara ini bertujuan untuk menentukan apakah Lodri Yano dan Aji Pratama Rizki mendapatkan posisi sebagai presiden dan wakil presiden Universitas Malahayati.

Pemilihan capres dan cawapres dilakukan dengan sistem voting. Walaupun kandidat hanya berjumlah satu pasang, mereka akan melawan suara kosong. Apabila mereka memperoleh 50%+1 dari total kehadiran, mereka akan mendapatkan posisi sebagai presiden dan wakil presiden baru Universitas Malahayati.

Pemilihan raya terus berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sebagian mahasiswa dan mahasiswi memenuhi hak nya untuk memilih. Perolehan Rekapitulasi perolehan suara DPTH=336. Suara sah no.1 mendapat perolehan suara 83,142%, suara sah no.2 mendapat perolehan suara 10,728%, suara tidak sah 6,258 dan error 0,128%.

Disimpulkan bahwa menurut hasil pemilihan, Lodri Yano dan Aji Pratama Rizki mendapatkan posisi presiden dan wakil presiden di Universitas Malahayati. Seluruh keluarga mahasiswa Malahayati berharap untuk mereka menjalakan amanahnya sesuai dengan visi dan misi yang sudah mereka buat.[]

Besok Pemilihan Raya Keluarga Mahasiswa Universitas Malahayati

INGAT! Hari demokrasi Keluarga Mahasiswa Universitas Malahayati pada 13 Oktober 2016. Universitas Malahayati akan kembali gelar Pemilihan Raya Keluarga Mahasiswa Universitas Malahayati 2016 (Pemira KM Unimal 2016). Pemilihan raya ini akan melantik Presiden dan Wakil Presiden Universitas Malahayati baru. Berikut ini Timeline Pemira KM Unimal 2016:

  • 26 September – 2 Oktober 2016. (Sosialisasi dan Pendaftaran Bakal Calon)
  • 03 Oktober 2016. (Sidang Seleksi Berkas)
  • 04 Oktober 2016. (Penetapan Calon Pemira)
  • 05-07 Oktober 2016. (Masa Kampanye)
  • 08 Oktober 2016. (Debat Kandidat)
  • 09-12 Oktober 2016. (Hari Tenang)
  • 13 Oktober 2016. (Pencoblosan)
  • 14 Oktober 2016. (Perhitungan dan Penetapan Hasil Pemira)
  • 18 Oktober 2016. (Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Presiden dan Wakil Presiden)

Sukseskan Pemira KM Unimal 2016!
Tandai tanggal 13 Oktober 2016 sebagai Hari Demokrasi KM Universitas Malahayati.

Jadilah saksi lahirnya pemimpin baru mahasiswa Universitas Malahayati!

Info selengkapnya:

082383955696 (Al Fajar)

085960521397 (Nur Rohmat Soni Setiawan)

img_20160927_191915

TBM Coronarius Masih Membuka Pendaftaran Calon Anggota Baru

TIM Bantuan Medis (TBM) Coronarius adalah organisasi mahasiswa kedokteran yang dibawahi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran. Kini TBM open recuitment anggota baru untuk tahun 2016. Pendaftaran bagi angkatan X ditujukan untuk mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2015 dan 2016.

Berikut jadwal pendaftarannya:

Gelombang I: 10-15 Oktober 2016 (Rp.150.000)
Gelombang II: 16-22 Oktober 2016 (Rp.180.000)
Gelombang III: 23-28 Oktober 2016 (Rp.200.000)

Kegiatan rutin TBM Coronarius meliputi sirkumsisi, hecting, study wisata, baksos, pendidikan dan latihan, mountaineering, water rescue, repling, seminar, latihan gabungan dan lain sebagainya.

Ayo gabung bersama kami keluarga Tim Bantuan Medis Coronarius!
Bersatu untuk menyehatkan bangsa!

Jaya! Jaya! Jaya!

Contact person:

Swadaya/ 081374046688/ id line: siswadaya88
Amira Kusuma/ 082278023388/ id line: amirakusumadewi
tbm Dhimas M S/ 085864542993/ id line: dmsuharyo

1475470684015