Danau Yatim di Universitas Malahayati

KICAUAN burung menyambut pagi di Danau Yatim Universitas Malahayati. Danau itu terletak tepat di penurunan bukit Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin, Kompleks Kampus Universitas Malahayati, Bandar Lampung. Diapit dua jalan, kiri menuju gedung rektorat, dan tepat sebelah kanan kompleks perumahan dosen.

Semilir angin yang mengakibatkan dedaunan berjatuhan seakan mengiringi langkah kaki ke danau ini. Nuansa yang sangat berbeda terjadi pada setiap hari Sabtu. Dari tepian danau yang dikelilingi pohon sengon ini terdengar lantunan ayat al-Qur’an, surah Yasin yang begitu khidmat. Kegiatan rutin yang sakral ini dihadiri oleh puluhan undangan yang hadir mengikuti kegiatan dengan khidmat.

Kegiatan religi yang diawali dengan shalat dzuhur berjamaah, membaca al-qur’an, surah Yasin kemudian berdoa bersama memanjatkan doa kepada Allah SWT agar Universitas Malahayati terus berkembang dan dilanjutkan dengan santap siang.

Anak-anak yang terlihat lugu serta riang gembira dengan didampingi ibunya. Mereka juga diperbolehkan untuk memancing dan membawa ikan hasil pancingannya. Saling bergurau dengan sesamanya yang bernasip sama.

Di antara anak-anak yatim itu, ada juga yang sudah remaja. Mereka semuanya kini sedang menimba ilmu di Universitas Malahayati. Anak-anak itu mendapat beasiswa selain itu dibebaskan dari beban biaya. Itulah sebabnya, mereka berdoa agar Universitas Malahayati terus berkembang dan berperan aktif di negeri ini.

Kegiatan rutin ini belum berhenti sampai disini. Selanjutnya, mereka berjalan kaki beramai-ramai menuju sebuah rumah didekat gerbang masuk kampus Universitas Malahayati. Tepat di depan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin.

Santunan dan pembinaan anak-anak yatim ini memang menjadi kewajiban yang langsung diperintahkan oleh Rusli Bintang. Rusli Bintang adalah pendiri Universitas Malahayati yang saat ini sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Alih Teknologi yang menjadi badan hukum Universitas Malahayati. Kewajiban menyantuni anak-anak yatim berlaku untuk seluruh pimpinan,dosen dan staf di Universitas Malahayati bahkan untuk mahasiswa juga diwajibkan.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *