Kesehatan Reproduksi Remaja oleh dr Dika Oriputra di Seminar Kesehatan

KESEHATAN Reproduksi Remaja. Materi ini disampaikan oleh dr H Dika Oriputra Sp OG dalam seminar kesehatan nasional di Gedung Graha Universitas Malahayati, Minggu 11 Oktober 2015. Kegiatan ini dihadiri 1.400 peserta dari berbagai kampus dan tenaga medis di Lampung

Seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (HIMA PSIK) Universitas Malahayati ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan reproduksi.

dr Dika menjelaskan, kesehatan reproduksi adalah Keadaan sehat yang menyeluruh, meliputi aspek fisik, mental, dan sosial, dan bukan sekedar tidak adanya penyakit atau gangguan di segala hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, fungsi, maupun proses itu sendiri. Dan dalam pembahasannya ini ia juga membahas organ reproduksi serta konsespsi dan kehamilan.

Selain itu, adapun kesehatan reproduksi yang bertanggung jawab yaitu berdasarkan kesehatan fisik, jiwa dan sosial ekonomi. Terutama bagi perempuan, sebab mereka akan alami kehamilan, persalinandan proses perawatan anak termasuk menyusui. “Dan syarat fungsi reproduksi sehat itu tidak adanya kelainan anatomis dan fisiologis, kondisi kesehatan jiwa yang baik serta kehamilan yang aman,” kata dr Dika.

Ia mengatakan, kebersihan dan kesehatan diri juga dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Dan hindari prilaku seksual beresiko, seperti seks pranikah dan penyimpangan prilaku seksual. “karena dapat memicu penyakit beresiko dan kehamilan tidak diinginkan,” kata Dika menambahkan.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *