Rahmat Pranata; Ketua Umum Mahapala yang Suka Mendaki

Rahmat Pranata, Mahasiswa sesmester 7 Fakultas Teknik Mesin yang juga ketua umum Malahayati pecinta alam (Mahapala). Pemuda asal Tanggamus, Lampung ini menjabat ketua umum sejak 28 Mei 2015. Rahmat mengaku ia dulu memilih organissasi mahapala karena ingin belajar tentang organisasi sekaligus dekat dengan alam.

“Pilihan saya memang mahapala saat pertama tahu ada UKM pecinta alam di malahayati. Saya merasa Mahapala adalah wadah yang tepat untuk belajar keorganisasian. Selain itu kegiatan mahapala membuat saya lebih dekat dengan alam,” kata Rahmat Pranata saat berbincang dengan malahayati.ac.id di Sekretariat Mahapala, Selasa 14 Oktober 2015.

Nata sapaan akrabnya mengambil divisi mountainering (Pendakian Gunung), lebih spesifik lagi keahliannya adalah bagian orientaring seperti navigasi darat dan lain-lain. Tak heran jika beberapa gunung sudah ia daki baik di pulau Jawa dan Sumatera. Seperti Gunung Argopuro, Arjuna, Bromo, Marapi, Kerinci, Rajabasa dan masih banyak lagi. Bagi Nata, mendaki gunung bukanlah sekedar seru-seruan, tapi gambaran sebuah kehidupan.

“Mendaki itu seperti menjalani kehidupan, harus kuat dan sabar agar sampai kepuncak. Dipuncak sana kalian akan melihat betapa kecilnya diri kalian dibandingkan dengan sang pencipta. Ambisi dan kesombongan tidak akan membawamu sampai kepuncak. Tapi yang terpenting, bukan hanya sampai ke puncak, tetapi kembali ke rumah dengan selamat,” ujar Nata.

Nata juga mengatakan Mahapala membawa banyak sekali pengaruh positif bagi dirinya. Lebih peka dengan keadaan lingkungan, meningkatkan jiwa sosial, adalah pengaruh nyata yang sudah ia rasakan.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *