Basic Life Support Pada Pelantikan Malahayati Rider Community

MALAHAYATI Rider Community (MiRc) mengadakan pelantikan angkatan kelima di Pantai Queen Artha Lampung Minggu, 18 Oktober 2015. Kegiatan ini berlansung di Pantai Queen Artha Lampung. Kegiatan yang dihadiri 30 motor dan 40 member ini melantik 8 calon member untuk member Knight, Warrior, dan Prospect. Selain dari Komunitas MiRC, ini juga diikuti oleh perwakilan dari beberapa komunitas seperti STERIL, BSCL, PRA Lampung, LTB dan RTC Lampung.

Kegitan yang dilakukan cukup menguras energi dan pikiran yang bertujuan agar terciptanya kerjasama yang baik. Kegiatan yang harus dilalui angkatan lima ini seperti pemberian materi, latihan fisik dan membongkar motor serta pengambilan peneng sebagai tanda pengenal.

Pemberian materi ini salah satunya mengenai Basic Life Support (BLS). BLS di sini membahas mengenai pertolongan pertama pada seseorang yang mengalamicedera dan kecelakaan umum. “Simpelnya menghentikan pendarahan yang terjadi pada pembuluh darah besar,” kata dr Firman Syahroni.

Firman menjelaskan, pendarahan sering terjadi saat kecelakaan. Lebih bahaya lagi jika pendarahan itu terjadi pada pembuluh darah besar. Ada 6 titik pembuluh darah yang menyebabkan kematian jika tak cepat ditangani, yaitu terdapat di pelipis, leher, persedian lengan, pergelangan tangan, pangkal paha dan punggung kaki. “Dan penanganan pertama yaitu menutup bagian pembuluh darah yang pecah dengan kain bersih yang mampu menahan aliran darah keluar,” kata dr Firman.

Berikut potret praktek BLS yang tertangkap kamera malahayati.ac.id:

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 1 =