Danau Suoh; Keelokan Wisata Alam yang Terisolir

TERLETAK di kawasan wisata Suoh, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat. Tempat wisata ini disebut Danau Suoh oleh masyarakat sekitar. Danau ini dapat ditempuh melalui Sukabumi-Suoh (Kecamatan Batu Brak), sekitar lima jam perjalanan dari ibukota Liwa atau melalui Sekincau. Akses menuju lokasi memang agak sulit karena wilayah Kecamatan Suoh kondisinya terisolir sehingga mau tidak mau kendaraan roda dua adalah pilihan terbaik.

Jalan yang berlumpur, licin, ditambah lagi beberapa titik jalan yang tampak rusak parah akibat erosi adalah sensasi tersendiri saat melakukan perjalanan.

Dilansir dari nusapedia.com, di Kawasan Wisata Suoh terdapat tiga buah danau yang terbentuk akibat gempa Liwa 1994 yaitu Danau Lebar Suoh, Danau Minyak dan Danau Asam. Diberi nama Danau Asam karena rasa air di danau ini memang terasa asam. Sedangkan Danau Minyak disebut demikian karena pada permukaan air danau tampak seperti terdapat minyak yang mengambang Namun karena paling luas diantara kedua danau lainnya, maka Danau Suoh lah yang banyak dipilih wisatawan untuk berlibur.

Bagi pecinta wisata alam, danau ini adalah pilihan tujuan wisata yang sangat tepat. Disini anda bisa mencoba serunya offroad serta melihat sumber panas bumi (geothermal) sambil menikmati pemandangan keasrian alam yang begitu mempesona.

Disini anda bisa melihat para nelayan mencari ikan, memancing dan menjala. Karena di dalam danau ini memang terdapat banyak jenis ikan air tawar diantaranya ikan jenis gabus, nila, betok, udang, dan kepor (sejenis ikan tawas).

Di area Danau Suoh sendiri ada lokasi yang disebut “Letusan”, di lokasi ini pengunjung harus berhati-hati sebab apabila terlihat tanah tidak ditumbuhi oleh ilalang artinya panas bumi hampir mencapai permukaan tanah, dan kita dapat terperosok karena tanah menjadi lembut oleh panas bumi.

Danau Suoh ramai dikunjungi wisatawan hanya pada hari-hari dan moment tertentu saja seperti Tahun Baru, dan hari-hari besar nasional. Mungkin disebabkan Aksesnya yang masih sulit untuk di jangkau, namun perjuangan luar biasa untuk mencapainya akan terbayar lunas saat kita sampai di daerah berketinggian 1.200 mdpl sambil meilhat pesona keindahan alam yang luar biasa.

Panorama yang disuguhkan kawasan Suoh, dikutip dari berbagai sumber:

Lokasi Panas bumi

panas bumi di kawasan suoh

akses menuju danau suoh

danau suoh

 

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + four =