Pembukuan Sederhana oleh Muhammad Luthfi dalam Workshop Ekonomi

PEMBUKUAN Sederhana. Materi ini disampaikan oleh Muhammad Luthfi SE MSi dalam Workshop Ekonomi di Malahayati Carrer Center (MCC), Selasa 27 Oktober 2015. Dengan peserta seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Malahayati.

Workshop ini mengusung tema pelatihan metode penelitian, keuangan dan kewirausahaan bagi dosen dan mahasiswa Universitas Malahayati.

Dalam materi ini Luthfi menjelaskan pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi. Pembukuan ini ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan perhitungan laba rugi pada setiap akhir tahun pajak. “Pembukuan ini berdasarkan siklus akuntansi,” kata Luthfi, Dosen Fakultas Ekonomi.

Luthfi menambahkan, pembukuan sederhana ini guna memudahkan seorang akuntan dalam pengelolaan siklus keuangan dalam suatu perusahaan dan menciptakan laporan keuangan yang jujur. Langkah awal sebelum siklus akuntansi ini harus memahami persamaan dasar akuntansi. Seperti Aktiva, Hutang dan Modal dan pembukuan sederhana yang berupa buku pengeluaran, pemasukan, arus kas, catatan stok dan buku laba rugi.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *