Wisata Alam Pulau Mengkudu di Lampung Selatan

JALANAN berliku dengan view perbukitan, punggung Gunung Rajabasa ini menjadi pemandangan menarik saat akan menuju salah satu spot jalur wisata yang ada di Lampung Selatan.  Salah satunya adalah pulau mengkudu di Kecamatan Rajabasa yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Ibukota Kabupaten Kalianda. Dan dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk tiba di bibir pantai desa belebuk Kecamatan Bakauheni.

Pantai belebuk merupakan lokasi paling strategis untuk menuju pulau mengkudu. Di pantai ini sejumlah perahu nelayan siap mengantarkan pengunjung ke pulau mengkudu yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Adapun jalan darat untuk sampai ke pulau mengkudu, namun jalan yang licin dan curam tidak dianjurkan bagi  pengunjung untuk menggunakan rute ini.

Keindahan alam nan memesona sudah tersaji dan bisa dinikmati telanjang mata di sepanjang perjalanan menuju pulau mengkudu. Hamparan pepohonan hijau seakan tersusun rapi dan berjajar di tepi pantai dan pulau yang dilewati.

Pulau mengkudu tidak terpisah langsung dengan daratan  melainkan dihubungkan dengan hamparan pasir putih seluas 10 meter dengan panjang sekitar 200 meter. Pasir  putih penghubung pulau mengkudu membelah laut membuat areal pantai di sekitarnya tampak begitu berbeda dengan wisata lain.

Air laut disekitarnya begitu jernih biru dan tenang, pasir putih berkarang dan berbatu terhampar memanjang. Pulau Mengkudu ini menjadi lokasi yang sangat unik dan menjadi lokasi tepat untuk menenangkan diri karena jauh dari hiruk pikuk. Cocok untuk mencari keheningan dan mensyukuri keindahan yang telah diberikan Pencipta di alam Indonesia khususnya di Lampung Selatan. Selain itu , terdapat juga pesona pantai batu berlapis.

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 7 =