Wisata di Penangkaran Penyu di Lampung Barat

Terletak di Pekon Muara Tembulih,Kecamatan Ngambur, Lampung Barat. Sekitar 59 km dari Liwa, wilayah ini merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Laut Daerah Lampung Barat. Hal menarik di tempat ini adalah dari 7 jenis penyu yang ada di dunia dan 6 jenis yang ada di Indonesia seperti penyu sisik, penyu lekang, penyu hijau dan penyu belimbing. Ekowisata di kawasan ini sangat layak dikunjungi kalangan wistawan asing maupun domestik terutama para peneliti atau mereka yang memiliki minat khusus terhadap ekologi pantai.

Lokasi di kawasan pesisir ini diapit rumah-rumah kayu khas pedesaan. Balai penangkaran terlihat mungil tetapi dilengkapi tempat penetasan telur yang berpasir lembut. Bak-bak penangkaran untuk anakan penyu serta beberapa bak lebih besar untuk merawat penyu jelang dewasa.

Penyu-penyu ini sering mendarat antara bulan Februari-April dan Mei-Juli untuk bertelur di sekitar pesisir pantai dengan jumlah antara 100-150 butir per ekor. Pemerintah Daerah setempat kawasan penangkaran penyu di Pekon Muara Tembulih dijadikan sebagai ekowisata (wisata bahari berbasis konservasi) dengan membangun sarana dan prasarana pendukung guna kenyamanan bagi pengunjung yang hendak menggali informasi terkait dengan pelestarian penyu. Bahkan, terdapat suatu ruang khusus bagi wisatawan untuk menggali lebih jauh spesies penyu, baik habitat, kebiasaan, hingga pola reproduksinya.

Untuk menikmati semua itu tempat ini juga dilengkapi dengan pondok wisata yang cukup representative dan pemandu yang dapat membantu untuk menggali informasi tentang penyu dan kehidupannya.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =