Cerita Mahasiswi Kebidanan Sepulang Praktik Klinik 4 di Rumah Bidan

MAHASISWI jurusan Kebidanan angkatan 2013 sebanyak 87 orang telah kembali ke asrama. Mereka kembali setelah menyelesaikan praktik klinik di rumah bidan selama sebulan. Mereka berangkat sejak 29 September hingga 31 Oktober 2015.

Putri Aisyah Ariani, salah satu mahasiswi D-III Kebidanan mengatakan, 87 mahasiswi disebar ke beberapa daerah seperti Metro, Lam-teng, Pringsewu, Tataan, dan Bandar Lampung. Putri sendiri mendapatkan tempat praktik di Bandar Lampung.

“Kebetulan saya mendapat lokasi di Rajabasa, Bandar Lampung bersama beberapa mahasiswi lain. Tapi ada juga yang ke Metro, Pringsewu, Tataan, dan Lam-teng. Ini adalah kali kedua kami praktik di rumah bidan. Jadi status kami yang sebelumnya melihat kini menolong,” kata Putri saat berbincang di ruang RB Media Center, 04 Agustus 2015.

Ia mengatakan praktik kali ini lebih berkesan dari sebelumnya. Kali ia sudah diperbolehkan menangani pasien langsung meski masih dalam pengawasan. Disana mereka sudah bisa menyuntik pasien bahkan membantu persalinan. Mereka juga diperbolehkan menangani pasien dari fase kehamilan, konsul KB hingga melahirkan.

“Kami kan sudah tingkat tiga, jadi sudah di tingkat menolong. Menyenangkan rasanya bisa mengaplikasikan pelajaran di lab ke dunia nyata meski masih diawasi oleh bidannya. Tapi ada saja pasien yang tidak mau ditangani. Mungkin mereka masih meragukan kapasitas kami yang masih berstatus mahasiswi,” ujar Putri.

Meski begitu, memberi pengertian secara lembut dan membujuk mereka agar mau ditangani itu hal yang wajib dilakukan kata putri.

Putri berpesan kepada mahasiswi kebidanan tingkat 1 dan 2 untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan percaya diri dengan keilmuan mereka. Mempersiapkan perlengkapan pribadi, fisik, dan mental sebelum berangkat praktik itu penting. Lebih penting lagi mempersiapkan ilmu dan kecakapan untuk menangani pasien. Jadi Putri berharap adik-adik tingkatnya tetap semangat dan sungguh-sungguh dalam belajar baik teori maupun praktik.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =