Nikmatnya Selimpok Khas Lampung

SEPERTI yang Anda tahu, bahwa Lampung merupakan sebuah daerah yang terletak di ujung Pulau Sumatra dan merupakan pintu gerbang yang menjadi penghubung antara pulau Sumatera dengan pulau Jawa.
Provinsi Lampung juga terkenal dengan binatang khasnya gajah namun anda juga akan menemukan berbagai macam kuliner yang pastinya sangat menarik untuk dinikmati. Tapi kali ini yang akan kita ulas bukanlah Keripik Pisang Lampung yang Renyah ataupun Sambal Seruit Lampung yang Mengigit, tapi panganan lain yang bernama Selimpok, apa sih Selimpok itu?

Selimpok adalah jajanan khas Lampung yang berbahan dasar ketan. Ada dua jenis Selimpok, yaitu Lunik dan Bungking. Untuk membuat Selimpok Lunik, ketan dijadikan tepung terlebih dahulu. Sedangkan Selimpok Bungking, ketan tidak perlu dihaluskan kemudian dicampur dengan pisang. Adonan tersebut dibungkus daun pisang lalu direbus hingga matang.

Selimpok LunikSelimpok Buking

Namun anda tidak dapat menyantap selimpok setiap saat sebab, panganan selimpok biasanya disajikan dalam acara-acara tradisional ataupun hajatan, yang dimaksudkan untuk menjamu para tamu ataupun tetangga sebagai makanan sederhana dalam mempersiapkan acara hajatan dan puncak acara hajatan.

Penyajian makanan tersebut, merupakan salah satu adat istiadat dari tanah Lampung yang masih dilestarikan. Bersifat kekeluargaan dengan menyediakan kebutuhan makanan ringan bagi tetangga ataupun sanak saudara yang membantu dalam proses hajatan ataupun acara-acara lainnya.

Jika anda berada di kota Lampung, pastikan anda mencicipi kuliner Selimpok yang merupakan masakan khas Lampung.[]

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 2 =