Doktor Kadafi Paparkan Alasan HIPMI Goes to Campus

KETUA Umum Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Lampung, Dr Muhammad Kadafi SH MH memaparkan alasan mengapa menggalakkan HIPMI Goes to Campus yang diluncurkan di Graha Bintang, Kampus Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Jumat 15 April 2015.

Kadafi yang juga adalah Rektor Universitas Malahayati ini mengatakan program yang diselenggarakannya itu adalah juga jiwa yang ditumbuhkan dalam organisasi pengusaha muda yang berdiri sejak 1972 itu. “Di sini hendak saya katakan HIPMI ini memiliki peran dalam menggerakkan sebuah perubahan,” katanya.

Sesuai dengan visi dan misi HIPMI, kata Kadafi, dibutuhkan inovasi dari apa yang sudah dilakukan para pendahulu. yaitu, HIPMI dengan paradigma baru yang bertujuan untuk menjadikan usaha kecil-menengah sebagai pilar utama dan lokomotif pembangunan ekonomi nasional,” katanya.

“HIPMI yang mampu melahirkan kader-kader tangguh dalam menghadapi era masyarakat Ekonomi Asia. Inilah tantangan yang kita hadapi sekarang. Kita butuh persiapan yang benar, terarah, tepat, dan jelas, untuk menghadapinya. Tak ada pilihan lain, kita harus memulainya dari sekarang.”

Itulah sebabnya, kata Kadafi, HIPMI Lampung menjawab tantangan itu dengan mengulirkan sejumlah program, di antaranya HIPMI Goes to Campus. “Kita memiliki cita-cita yang terbingkai dalam platform perjuangan HIPMI ke masa depan. Di dalamnya ada satu tekad untuk menumbuhkan klaster pengusaha menengah baru yang benilai tambah, bersinergi dan bermartabat,” katanya.

“Klaste yang berisi pengusaha-pengusaha yang memiliki kemampuan value creation, inovatif, profesional, fokus dan memegang nilai-nilai normatif dalam menjalankan usahanya.” HIPMI Lampunh, kata Kadafi, mewujudkannya dalam salah satu program HIPMI Goes to Campus.

Program ini dilakukan dengan pola jemput bola dari kampus ke kampus di Provinsi Lampung. HIPMIberinteraksi langsung dengan para mahasiswa, misalnya menjadi narasumber dalam kelas kewirausahawan. Juga menjadi narasumber dalam seminar kewirausahawan yang dilaksanakan HIPMI dan atau organisasi kemahasiswaan di universitas.

Bukan hanya itu saja, dalam rangkaian program HIPMI goes to campus 2015 ini juga diselenggarakan program kompetisi proposal bisnis untuk seluruh mahasiswa. Pemenangnya akan diberikan reward berupa uang pembinaan dan masuk dalam kelompok Adik Asuh Kewirausahawan HIPMI.

Selanjutnya, HIPMI Lampung akan membentuk dan sekaligus membimbing organisasi kewirausahawan di lingkungan kampus.