Tari Melinting, Budaya Khas Lampung

TARI Melinting merupakan tarian tradisional dari peninggalan Ratu Melinting yang berada di Labuhan Meringgai Lampung Timur Indonesia. Tarian ini sudah mengalami perjalanan sejarah yang cukup lama, yaitu sejak masuknnya Islam ke Indonesia. Tari ini juga merupakan salah satu kesenian tari yang menggambarkan Keperkasaan dan Keagungan Keratuan Melinting dan merupakan Tarian Adat Tradisional Keagungan Keratuan Melinting yang diciptakan oleh Ratu Melinting.

Tari Melinting sebelum mengalami perkembangan penyempurnaan pada tahun 1958, adalah mutlak sebagai tarian keluarga Ratu Melinting yang pementasanya hanya pada saat Gawi Adat (Keagungan Keratuan Melinting) saja. Dimana para penarinya hanya sebatas putera dan puteri Ratu Melinting yang di pentaskan di Balai Adat.

Iringan musik pada tari Melinting berasal dari alat musik eksternal, diantara nama perangkat instrument yang digunakan adalah kalo bala (kelittang). Fungsi musik pada seni tari ini ada tiga, yaitu sebagai pengiring, pemberi suasana, dan ilustrasi. Selain itu elemen yang ada pada seni Tari Melinting ini adalah elemen tata rias. Tata rias adalah seni yang menggunakan bahan-bahan kosmetik untuk mewujudkan wajah peranan. Fungsi rias adalah memberikan bantuan dengan jalan memberikan dandanan atau perubahan pada pemain hingga berbentuk suasana yang cocok dan wajar.

Pada awal keberadaannya, Tari Melinting merupakan tari yang di pentaskan di lingkungan keluarga pada acara Upacara Gawi Adat saja. Namun dalam perkembangannya, tari ini kemudian juga dipentaskan di lapangan terbuka dan di pentaskan untuk umum. Selain itu Tari Melinting banyak mendapat kesempatan untuk dipentaskan dalam upacara-upacara penting di Indonesia.

Tari Melinting kini juga mengalami pergeseran fungsi, dimana kini seni tari tersebut telah menjadi tarian hiburan lepas atau sebagai tari penyambutan tamu Agung yang datang ke daerah Lampung. Selain itu diantara fungsi-fungsi Tari Melinting adalah sebagai pergaulan yang merupakan ungkapan rasa kegembiraan bagi pasangan muda-mudi, penampilannya di dominasi oleh gerak yang dinamis dari penari pria, sedangkan penari wanitanya lebih halus sesuai dengan sifat kewanitaannya.

Sebagai sebuah kesenian daerah, Tari Melinting memiliki corak dan ragam berbagai variasi yang merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya. Oleh karenanya kesenian ini perlu mendapatkan perhatian secara terus-menerus, teratur, dan terarah sesuai dengan perkembangan sehingga dapat memperkaya kebudayaan Indonesia.

tari melintingSumber : http://alampedia.blogspot.co.id/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 18 =