Pengalaman dan Persiapan Praktik Klinik Keperawatan Jiwa Mahasiswa Akademi Keperawatan

MAHASISWA Akademi Keperawatan (Akper) akan melaksanakan Praktik Klinik Keperawatan (PKK) Jiwa di Rumah Sakit Jiwa pada 23 November-06 Desember 2015. Salah satunya Dani Prasetyo, mahasiswa Akper angkatan 2013. Mahasiswa yang akrab disapa Dani ini berbagi pengalaman dan persiapannya menyambut PKK dengan malahayati.ac.id, Kamis 19 November 2015.

PKK adalah suatu kegiatan wajib yang bertujuan untuk melatih skill agar mahasiswa lebih berkompeten. Tujuan lainnya untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa dalam mencapai keberhasilan program pendidikan.

Ini merupakan PKK jiwa kali kedua yang ia jalani, meski begitu ia tetap mempersiapkan diri untuk PKK kali ini. “Tak ada persiapan khusus, hanya saja lebih mendalami dan memahami materi keperawatan jiwa karena PKK kali ini lebih kegawatdaruratannya,” kata Dani saat diwawancara via BBM.

Dani pun berbagi pengalaman berkesannya ketika ia pertama kali mengikuti PKK ini. “Pengalaman berkesan ini ketika saya mencukur rambut sesorang yang berlatar gangguan jiwa dan ketika melihat prilaku mereka untuk pertama kalinya,” katanya.

Ia juga berbagi Tips untuk Adik Tingkatnya yang akan melaksanakan Praktik Klinik untuk pertamakalinya. “Perbanyak lagi wawasan tentang ilmu keperawatan jiwa dan pelajari teori-teori yang sudah diberikan oleh dosen untuk memudahkan adaptasi ketika PKK, karena dinas PKK jiwa beda dengan dinas di rumah sakit umum, sebab pasien dengan gangguan jiwa itu unik dan setiap pasien memiliki karakter yang berbeda,” kata mahasiswa asal Tulang Bawang Barat itu.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *