7 Persepsi Salah Paling Populer Pada Makanan Sehat

Seperti dilansir cosmopolitan.com, setidaknya ada 7 kesalahan persepsi yang di alami foodist dalam melihat makanan sehat:

1. Kamu bisa makan-makanan sehat sepuasnya.

Jika kita kita sudah bisa menentukan makanan apa saja yang termasuk makanan sehat, itu bagus. Kita bisa santai dan menikmati makanan sehat yang kita inginkan. Tapi tetap harus dalam porsi yang tepat. Contohnya sepotong brownies sehat dari berbagai blog di internet, baik untuk sebuah makan penutup, tapi jika kita makan seloyang? makanan sehat itu sudah jadi tidak sehat lagi.

2. Jangan salah, diet vegetarian bisa menjadi sangat sehat.
Diet Vegan memang baik untuk kesehatan jika direncanakan dengan baik, dengan asupan nutrisi yang seimbang untuk tubuh. Jika tidak, ya sama saja bohong, karena daging juga banyak manfaat bagi tubuh seperti pemenuhan protein dan lemak sehat.

3. Makan roti gandum cukup untuk memenuhi serat.
Gandum memang baik untuk kita, tapi makan roti gandum selain harganya lebih mahal terkadang juga seratnya tidak mencukupi bagi tubuh. Namun jika anda mampu makan dalam jumlah tertentu dan tidak keberatan dengan harganya, ya silahkan saja.

4. Makan makanan yang mentah jauh lebih baik dari yang dimasak
Alasan paling rasional adalah jika makanan itu mentah, maka makanan itu tidak kehilangan nutrisi, yang akan hilang saat dimasak. Kenyataannya adalah ada beberapa makanan, yang justru lebih keluar manfaat nya saaat dimasak. Misalnya tomat, ia akan memecah dinding sel dan memberikan antioksidan yang lebih optimal jika dimasak terlebih dahulu.

5. Semua buah dan sayur harus dalam kondisi segar

Produk segar itu hebat, dan ya kamu harus mengkonsumsi produk segar, tapi sayur dan buah kaleng juga sehat, kandungan nutrisinya lebih terjaga dibanding yang di angkut dalam keadaan segar.

6. Makan yang berlebihan dalam sekali makan bisa membuat gemuk.
Ayolah, setidaknya butuh 3500 kalori untuk setengah kilo berat tubuh. Jadi butuh proses untuk tubuh menyerap makanan itu. Jangan terlalu merasa bersalah jika anda dulu ngemil cukup banyak dalam sehari, yang penting jangan diulangi lagi di masa depan.

7. Versi ringan itu lebih baik,
Banyak orang beranggapan bahwa yoghurt dan sereal itu ringan dan cocok untuk diet padahal makanan itu sering diberi pemanis buatan dan mengambil lemak dengan mengganti bahan-bahan aneh. Mungkin mereka memang rendah kalori, tapi belum tentu sehat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *