Thomas Alva Edison: Jenius Adalah 1% Inspirasi dan 99% Keringat

Thomas Alva Edison (lahir 11 Februari 1847 – meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun) adalah salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.

Masa kecil Edison selalu mendapat nilai buruk disekolah. Oleh karena itu ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajarkan Edison dirumah. Edison kecil sering membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan sendiri. Di usianya yang masih 12 tahun ia bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan
gula-gula di kereta api dan menjadi operator telegraf, Ia pindah ke kota New York. Disana ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf. Mesin ini berfungsi mengirimkan berita bisnis keseluruh perusahaan terkemuka di New York.

Pada 1870 Edison Menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin ini dapat mencetak pesan-pesan diatas pita kertas yang panjang. Dari hasil dari penemuannya ini ia mendirikan perusahaan sendiri. Pada 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah terbesar pertama di dunia. Dari bengkel
tersebutlah lahir penemuan-penemuan penting. Tiga tahun kemudian ia menemukan Gramofon. Gramofon adalah mesin untuk mereproduksi suara dan musik yang direkam pada piringan hitam. Pada 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik yang diikuti penemuan proyektor untuk film-film kecil. Pada 1882 Edison memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Ini adalah pertama kalinya lampu listrik dipakai di dunia. Kemudian ia mendirikan Perusahaan General Electric pada 1890.

Edison adalah seorang penemu produktif, memegang 1.093 paten AS dalam namanya, serta banyak paten di Inggris, Perancis, dan Jerman. Banyak dampak luas dari penemuannyadiantaranya: lampu listrik dan kekuasaan utilitas, rekaman suara, dan gambar gerak semua industri besar yang didirikan baru di seluruhdunia. Beberapa penelitiannya antara lain: mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase dan masih banyak lagi.

Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + eighteen =