Made Sandi Berta; Berbagi Cerita Seusai Seminar Proposal Skripsi

MAHASISWA Fakultas Teknik Mesin ikuti seminar proposal skripsi di Ruang sidang lantai tiga Gedung Rektorat, Jumat 04 Desember 2015. Salah satunya Made Sandi Berta, mahasiswa tingkat akhir.

Proposal Skripsi merupakan rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Kegiatan wajib ini guna mengetahui seberapa layak penelitian yang akan dilaksanakan.

Mahasiswa yang akrab disapa Made ini mengajukan penelitian dengan obyek penelitian sepeda motor suzuki satria FU. Dengan judul penelitian Perbandingan Bahan Bakar dari Bioetanol dengan Minyak Plastik terhadap Unjuk Kerja Mesin pada Sepeda Motor Suzuki Satri FU. Bioetanol adalah etanol yang diproduksi dengan cara fermentasi yang menggunakan bahan baku nabati. Bioetanol merupakan bahan bakar dari minyak nabati yang memiliki sifat menyerupai minyak premium.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan konsumsi bahan bakar serta memberi suatu alternatif bahan bakar baru.Dengan harapan terciptanya bahan bakar baru dan memberi informasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan hasil panen singkong yang dijadikan sagu dan tape, serta pemanfaatan sampah plastik yang biasanya hanya dibuang dan dibakar.

Adapun tips atau saran dari Made untuk rekan atau adik tingkat yang hendak mengajukan penelitian. Ia mengatakan jangan malas, rajin mencari literatur materi yang menyangkut judul penelitian yang diajukan. “Jangan mudah menyerah, rajin-rajin bimbingan dan bertanya,” kata mahasiswa asal Lampung Timur itu.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *