Benarkah Sarapan Pagi Bisa Panjang Umur?

SARAPAN atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan.

Menyantap makanan yang ringan tentunya sangat baik bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah. Patut diketahui bahwa sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sebaiknya tidak ditinggalkan ini alasan penting kenapa Anda wajib sarapan setiap pagi.

1. Meningkatkan konsentrasi
Menurunnya sistem metabolisme akibat tidak makan pagi mempengaruhi kinerja otak, sehingga konsentrasi pun terganggu. Apabila tidak ingin mengalaminya, sebaiknya Anda rutin sarapan untuk meningkatkan konsentrasi.

2. Menurunkan berat badan
Sarapan membantu sistem metabolisme bekerja secara stabil. Sehingga pembakaran lemak akan berjalan dengan maksimal, berat badan pun mampu menurun.

3. Meningkatkan sistem imun
Penelitian lainnya menyatakan kalau makan besar di pagi hari mampu membuat Anda terhindar dari risiko serangan penyakit flu. Seperti yang diketahui, flu biasanya disebabkan oleh sistem kekebalan yang rendah.

4. Makan sayur dan buah
Perbanyak konsumsi kedua makanan bergizi tersebut ketika sarapan. Sehingga Anda akan punya alasan untuk makan pagi demi memenuhi kebutuhan buah dan sayur.

5. Menjaga kesehatan jantung
Banyak penelitian yang menyebutkan sarapan penting bagi kesehatan jantung. Sebab orang-orang yang terbiasa sarapan punya kadar kolesterol yang rendah, ukuran pinggang lebih kecil, dan kadar insulin yang stabil dalam darahnya.

6. Menambah energi
Sarapan merupakan syarat utama jika Anda ingin energi tubuh tetap terjaga sampai waktu makan siang. Jadi jangan tinggalkan makan pagi jika tidak mau lemas sepanjang hari.

7. Panjang umur
Berbagai manfaat dari sarapan sudah disebutkan. Jika disimpulkan, sarapan secara tidak langsung membantu Anda untuk memperpanjang usia. Itulah berbagai alasan penting untuk selalu sarapan. Apakah Anda masih menolak untuk membiasakan diri supaya selalu sarapan?.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 8 =