Apa Saja Kegiatan Bert Aukema di Universitas Malahayati?

Pernah memimpin di sejumlah rumah sakit di Belanda, Bert Aukema kini menjadi salah seorang senior expert di lembaga yang bernama PUM (www.pum.nl), sebuah lembaga tempat bernaung para ahli yang berkantor di Netherland, Belanda. Saat ini, ia sudah dua hari berada di Universitas Malahayati. Ia tiba ke Bandar Lampung kemarin, Minggu 19 April 2015.

Bert bercerita, mulanya ia mengetahui soal Universitas Malahayati, Bandar Lampung, setelah berkenalan dengan Rusli Bintang di Rotterdam, tahun lalu. Kepada Bert, Rusli bercerita tentang empat universitas yang didirikannya, yaitu Universitas Malahayati, Universitas Abulyatama-Aceh, Universitas Batam, dan Institut Kesehatan Indonesia-Jakarta.

Selain universitas, Rusli juga menggambarkan soal Rumah Sakit Pertamina -Bintang Amin, dan beberapa rumah sakit lainnya. Termasuk salah satu rumah sakit yang sedang didirikannya di Banda Aceh untuk memperkuat Universitas Abulyatama.

Selanjutnya, kata Bert, diskusinya dengan Rusli Bintang berkembang ke rencana mengembangkan perguruan tinggi dan rumah sakit yang didirikannya untuk melangkah lebih jauh, yaitu menjalin hubungan dengan berbagai universitas di beberapa negara. Untuk keperluan itulah kemudian Rusli mengundang Bert ke kampusnya ini.

September 2014, Bert pertama kali menjejakkan kakinya di kampus seluas 84 hektar ini. Pertama datang, katanya, suasana masih liburan. Sehingga ia belum bisa menggali terlalu dalam tentang universitas yang berdiri sejak 1993 ini. Itulah sebabnya, Bert kembali datang ke sini.

Kedatangannya kali ini, selain untuk memberi pelatihan manajemen bagi kampus dan rumah sakit, Bert juga akan menggali lagi bagaimana manajemen seluruh kampus yang sudah didirikan Rusli Bintang ini. Dari situ, nantinya ia mempelajari apa saja yang bisa dilakukannya. “Tentu saja, yang menjadi titik pembahasan kita salah satunya adalah mutu dan sarana yang ada kampus,” katanya.

Selama dua hari di Universitas Malahayati, Bert sudah berbincang-bincang dengan beberapa mahasiswa kemarin. Hari ini ia berdiskusi dengan sejumlah dosen di kantor rektorat Universitas Malahayati. []