9 Desember, Peringatan Hari Pemberantasan Korupsi

9 Desember, merupakan hari korupsi se-Dunia. Pada tanggal tersebut negara-negara di dunia menyepakati lahirnya sebuah United Nations Conventions Against Corruption (UNCAC) yakni sebuah Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Anti Korupsi.

Lahirnya konvensi tersebut dipandang sebagai sebuah pernyataan Internasional untuk memerangi dan memberantas korupsi, sehingga PBB menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia.

Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk,rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi.

Banyak hal yang dirugikan oleh tindak korupsi seperti mempersulit pembangunan ekonomi dan mengurangi kualitas pelayanan. Baiknya kita bersama-sama memberantas tindak korupsi dengan menghindari hal-hal yang menimbulkan korupsi seperti tidak menerima sogokan.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + one =