Calon Anggota Muda Mahapala Melaksanakan Diksar Ruang

CALON anggota muda Malahayati Pecinta Alam (Mahapala) sore ini, 09 Desember 2015 Melaksanakan Ujian tertulis atau biasa disebut diksar ruang di ruangan 1.24. Ujian ini adalah puncak dari Pra Pendidikan Dasar (Pradiksar) untuk mengetahui kemampuan teori yang dimiliki Calon anggota muda sebelum pendidikan dasar di Alam bebas. Adapun materi yang diujikan mencakup Divisi Gunung Hutan, Rock Climbing, Rafting dan Lingkungan Hidup.Kegiatan ini bdihadiri oleh 8 orang calon anggota muda serta didampingi beberapa senior sebagai pengawas.

Menurut Alfajar, ketua pelaksana diksar, ujian tertulis ini adalah persiapan akhir sebelum para calon anggota muda (Amud) terjun di Alam bebas. Ia mengatakan selain ujian tertulis, mereka juga sudah melatih fisik para calon amud sejak beberapa bulan yang lalu. Menurutnya, selain pengetahuan, ketangkasan fisik juga penting bila ingin bercengkrama dengan alam.

“Uji tertulis atau diksar ruang ini sebagai tolak ukur penyetaraan materi calon Amud sebelum kita diksar nanti. Mereka sudah menjalani materi ruang dan latihan fisik sejak beberapa bulan lalu. Semua itu demi kesiapan para peserta agar tidak memiliki kendala sewaktu pendidikan dasar. Pengetahuan adalah dasar, fisik adalah penunjang, keduanya sangat penting saat pengaplikasian di Lapangan,” kata Alfajar yang akrab disapa Lemot.

Ia juga mengatakan sebelum menjadi anggota muda mereka sudah melewati beberapa tahapan seperti wawancara, pemberian materi ruang serta menjalani pendidikan dasar.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *