Iskandar Muda Penggiat Hukum Konstitusi: Bicara (Calon) Kepala Daerah

MASYARAKAT Indonesia merayakan pesta Demokrasi. Pesta Demokrasi ini berlangsung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pilkada ini serentak pada Rabu, 9 Desember 2015 yang berlangsung di 269 daerah di Tanah Air.

Seperti salah satu dosen Universitas Malahayati, Iskandar Muda SH MH saat ditemui di Perpustakaan Universitas Malahayati, Kamis 10 Desember 2015. Ia menjelaskan tujuan dari diadakannya penyelenggaraan pemilihan umum ada empat tujuan (Asshiddiqie, 2009: 418-419). Pertama, untuk memungkinkan terjadinya peralihan kepemimpinan pemerintahan secara tertib dan damai. Kedua, untuk memungkinkan adanya pergantian pejabat yang akan mewakili kepentingan rakyat di lembaga perwakilan. Ketiga, untuk melaksanakan prinsip kedaulatan rakyat. Dan empat, untuk melaksanakan prinsip hak-hak asasi warga negara.

“ketika seseorang mencalonkan diri untuk turut serta dalam Pilkada pasti orang tersebut awal mulanya karena “terpanggil” atau “dipanggil”. Tidak masalah apakah awal mulanya calon tersebut “terpanggil” atau “dipanggil” yang terpenting ketika sudah jadi kepala daerah berpihak untuk kepentingan masyarakat luas,” kata Iskandar Muda SH MH penggiat hukum konstitusi ini.

Dosen yang sudah sejak tahun 2007 bergabung dengan Universitas Malahayati ini mengatakan banyak perspektif dalam berbagai bentuk dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).”Seperti di Aceh dalam pencalonan kepala daerah harus dapat membaca Al-qur’an dan selain itu partai politik lokal juga dapat mengusung calon, lalu seperti papua yang memiliki syarat bagi calon kepala daerag harus berpendidikan minimal Sarjana dan mendapatkan persetujuan dari Majelis Rakyat Papua dan selain itu fenomena yang terbaru yaitu berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi No. 100/PUU-XIII/2015 yang diperbolehkannya “calon tunggal” dalam Pilkada,” kata Iskandar Muda SH MH.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *