Sulam Usus, Sulaman Khas Lampung

Selain memiliki kain tapis sebagai kerajinan khas Lampung, ternyata Lampung masih memiliki satu lagi kerajinan tangan dalam bentuk kain yang juga sangat terkenal disebut sebagai Sulam usus. Sulam usus adalah Sulaman yang berbahan baku kain satin berbentuk usus ayam dengan motif yang khas. Sulam Usus dirajut dengan benang emas dan adapula yang  disertai  dengan kaca dan uang  logam kuno.

Pada awalnya, sulam usus merupakan bagian dari pakaian adat pengantin wanita daerah Lampung, yang berfungsi sebagai penutup bagian dada (bebe) di atas balutan kain tapis. Selanjutnya, sulam usus dikreasikan sebagai baju, kebaya, atau gaun yang dipadu padankan dengan bawahan kain.

Sulam usus juga memiliki beragam model rancangan dan aksesoris. Selain memiliki motif klasik khas Lampung, kain Sulaman Usus ini banyak dicari oleh para wisatawan sebagai salah satu oleh-oleh khas Lampung.

Sulam Usus memiliki nilai jual yang tinggi sulaman ini banyak dipasarkan di daerah; Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sedangkan pemasaran ke luar negeri mencakup negara ; Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Di dalam negeri nilai penjualan sulam usus sangat tinggi. Sulam usus dihargai dari Rp.70.000; hinggaRp.500.000; per buah. Dan tergantung dengan motifnya. Semakin sulit motifnya, maka akan semakin mahal harganya.

Selain motif dan bentuk yang klasik, sulam usus juga sangat halus. Maka tak heran jika sulam usus diminati banyak orang baik pasar dalam negeri ataupun mancanegara.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =