Mendeteksi Dini Kanker Payudara Dalam Seminar Kesehatan Oleh BEM Fakultas Kedokteran

SEMINAR kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekukif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran. Seminar ini dilaksanakan di Gedung Graha Bintang Universitas Malahayati Sabtu, 12 Desember 2015. Acara yang bertemakan “Stop kanker pada wanita, peduli perempuan Indonesia, menyelamatkan hidup kalian” yang dibuka untuk umum.

Dalam seminar ini pemateri pertama disampaikan oleh Dr Alfiah Amiruddin MD MS yang merupakan salah satu dokter spesialis ahli bedah payudara Rumah Sakit Kemayoran, Jakarta Indonesia.

Materi yang disampaikan oleh pemateri pertama berjudul Deteksi Dini Kanker Payudara. Kanker yang merupakan masalah dunia, penyakit ini berkembang. Sel abN membelah tanpa kontrol serta mampu menembus dan merusak jaringan tubuh normal lalu menjauh dari posisi asalnya.

Penyebab dari penyakit kanker payudara ini adalah sel yang normal tumbuh , membelah, dan mati atau disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan (5%-10%).

Gejala dan tanda pada penderita penyakit ini bervariasi tergantung organ yang terkena, lokasi, ukuran dan metastasis. Tandanya terkadang tidak teraba, kulit kemerahan dan terdapat benjolan. Penyakit ini juga 96-98% tidak bergejala dan tanpa nyeri. Bila sudah menemui gejala dan tanda tersebut lakukan pemeriksaan lebih lanjut.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − nine =