Pesan Rektor Kadafi: Jaga Nama Baik Almamater

GEDUNG Graha Bintang Universitas Malahayati (Unimal) kembali menjadi saksi diwisudanya 542 mahasiswa kampus ini. Agenda wisuda hari ini merupakan prosesi wisuda Periode XVI Unimal dari empat fakultas dan satu akademi yang ada.

Rektor Unimal, Dr. Muhammad Kadafi, SH., MH dalam sambutannya mengatakan, wisuda bukan merupakan akhir dari sebuah peroses belajar, namun hanya merupakan akhir dari sebuah tahapan. Setelah itu para lulusan akan menuju ke tahapan yang berikutnya.

“Alumni masih memiliki kewajiban untuk belajar pada jenjang strata pendidikan yang lebih tinggi, baik secara akademik maupun non akademik,” pesannya dihadapan para wisudawan dan wisudawati Unimal.

Kadafi berpesan, alumni harus mampu menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah untuk kesejahteraan masyarakat.”Para lulusan juga harus selalu menjaga nama baik almamater Unimal. Karena, baik buruknya citra Unimal dipengaruhi  oleh bagaimana kiprah lulusannya dalam berkarya ditengah masyarakat,” ungpa Kadafi.

Para orangtua mahasiswa juga sangat gembira menyambut kelulusan para anaknya. Mereka menyatakan bangga atas apa yang telah anak-anak mereka capai, terlebih saat berkuliah di Unimal.

“Saya sangat bangga anak saya dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dengan nilai indeks prestasi kumulatif yang memuaskan. Proses belajar di Unimal juga sangat baik. Saya berharap didunia kerja nanti anak saya dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya supaya berguna bagi masyarakat,” ungkap Toni Efendi, orangtua mahasiswa Akademi Kebidanan.

Pada kegiatan wisuda Unimal periode kali ini, Fakultas kedokteran meluluskan 481 mahasiswa. Jumlah itu terdiri dari tujuh program studi (prodi), yakni Profesi Dokter (55), Profesi Ners (1), Sarjana Kedokteran (119), Sarjana Keperawatan (119). Kemudian Bidan Pendidik (169), Ahli Madya Keperawatan (11), dan Ahli Madya Kebidanan (7).

Selain itu Fakultas Kesehatan Masyarakat mewisuda 40 mahasiswa dengan perincian dua prodi yaitu Magister Kesehatan (37) dan Sarjana Kesehatan Mahasiswa (3). Lalu Fakultas Teknik 20 mahasiswa dengan rincian Prodi Teknik Lingkungan (14), Teknik Mesin (2), Teknik Sipil (2) dan Teknik Industri (2).

Fakultas Ekonomi meluluskan 8 mahasiswa daro dua prodi yaitu Prodi Ekonomi Akutansi (6), dan Ekonomi Manajemen (2). Ter Kemudian dari Akademi Farmasi dan Makanan sebanyak 49 mahasiswa. Terakhir, Akademi Farmasi dan Makanan mewisuda 49 Ahli Madya Farmasi.[] Andry/Bowo