Nikmatnya Seruit Makanan Khas Lampung

SERUIT adalah Makanan khas Lampung dengan masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambal terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. Biasanya masyarakat Lampung menggunakan jenis ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, dan ditambah lalapan.

Umumnya masyarakat Lampung gemar berkumpul dan bersilaturahmi. Mereka berkumpul di acara pernikahan, acara adat, atau acara keagamaan. Baik antar keluarga maupun antartetangga.

Hidangan Seruit biasanya disajikan saat masyarakat lampung sedang berkumpul agar bisa dinikmati bersama-sama. Lampung memiliki dua masyarakat adat, yakni Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. Bagi Lampung Pepadun, seruit adalah makanan pokok.

Jika kalian ingin membuat seruit pastikan bahwa ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, ikan pun dibakar selama sepuluh menit. Jika ikan sudah setengah matang olesi ikan dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara itu, siapkan bahan untuk membuat sambal seruit berupa cabai merah, cabai kecil, garam, rampai, dan terasi. Bahan sambal ini lalu ditumbuk hingga halus.

Tak ketinggalan tambahkan tempoyak, yaitu durian yang sudah diawetkan dan dihaluskan. Jangan Lupa juga untuk menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi timur, terong baker, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu. Barulah seruit siap dinikmati.[]

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *