Taman Wisata Lembah Hijau Bandar Lampung, Tempat yang Tepat Untuk Berlibur

BERTANDANG untuk habiskan masa liburan di Provinsi Lampung, ada baiknya anda sempatkan waktu ke Taman Wisata Lembah Hijau di Bandar Lampung. Lokasi ini merupakan pionir wisata alam yang ada di Bumi Ruwa Jurai yang tidak kalah dengan Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan atau Waterboom Lippo Cikarang sekalipun.

Sejak dibuka pada April 2007 lalu, taman wisata alam buatan Lembah Hijau sudah menjadi tempat rekreasi favorit di Lampung. Tempat rekreasi alam yang menempati lahan seluas 30 hektar ini berada di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Sukajadi, Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Mengapa wajib mendatangi tempat ini? Sebab area wisata ini dipandang cukup menarik karena berorientasi lingkungan.

Lembah hijau terdiri dari taman rekreasi dan kebun binatang mini. Berada di area perbukitan dihiasi lembah dan sungai kecil. Tidak berlebihan apabila taman rekreasi ini diberi nama Lembah Hijau. Taman hijau yang sejuk ini menawarkan banyak kesenangan dan hiburan bagi masyarakat Lampung dan khususnya bagi wisatawan dalam negeri yang datang ke Lampung.

Menempati area yang luas, Taman Wisata Lembah Hijau menyediakan berbagai wahana hiburan variatif di antaranya adalah: taman satwa, kolam renang dan waterboom, teater empat dimensi, arena bermain sepak bola, kereta mini, dan lainnya.

Waterboom Boomerang dengan fasilitas :

  • Twins Boomerang
  • Torpedo Slide
  • Spiral Slide
  • Kolam Arus
  • Water Splash
  • Gelas Tumpah
  • Water Canon

Sejak awal didirikan 14 april 2007 Taman Wisata Lembah Hijau menyiapkan kolam renang waterboom sebagai salah satu wahana andalan rekreasi bernuansa air. Kolam waterboom terdiri dari 5 buah kolam seluas 1,3 ha dengan kedalaman 50 cm sampai 150 cm, berbagai fasilitas pendukung disiapkan di 5 kolam ini berbagai fasilitas tersbut adalah water splash, gelas tumpah, kolam arus, water canon, spiral slide serta torpedo slide yang setia saat dapat memanjakan anda dan keluarga dengan kebersihan dan debit air yang senantiasa terjaga sepanjang waktu karena sistem sirkulasi dan penyaringan yang maksimal.

Sebagai tempat wisata terkemuka di Lampung, Taman Wisata Lembah Hijau selalu ingin memberikan yang terbaik kepada pelanggannya. Salah satunya dibuktikan dengan menghadirkan wahana Twins Boomerang. Rasakan sensasi ketegangan luar biasa di wahana ini, dengan 2 jalur slide dengan sepanjang 160 m, dan tower setinggi 32 m. Lintasan slide yang meliuk berbentuk terowongan spiral, turunan curam dan menukik naik di ujung lintasan benar-benar membuat jantung anda berdebar.

Fasilitas yang juga sudah tersedia, yaitu paintball and airsoft gun area dan racing games.
Selain fasilitas hiburan, taman ini juga dilengkapi penginapan unik, restoran, mushola,dan tempat parkir yang luas. Satu wahana terunik bernuansa pengetahuan alam yang menjadi unggulan Taman Wisata Lembah Hijau adalah Taman Satwa.

Di area ini pengunjung dapat melihat taman burung, pentas satwa, dan kebun binatang. Kawasan taman satwa sedikitnya memiliki 465 satwa dari 65 jenis binatang. Di antara fauna yang jadi primadona adalah burung pelikan, orangutan, banteng, beruang madu, buaya dan taman burung.

Dari segi tiket masuk, Taman Wisata Lembah Hijau pun terbilang terjangkau yaitu Rp 10.000.
Tarif tersebut sudah termasuk menyaksikan pentas satwa, berkunjung ke taman burung, dan taman satwa. Pentas satwa dihelat tiga kali sehari pada hari normal mulai pukul 90.30, 11.00 dan 13.00 WIB.
Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur nasional area yang mampu menampung 600 pengunjung ini digelar sebanyak empat kali pertunjukan dengan satu tambahan waktu pada pukul 14.30.

Ke depan, pihak manajemen berencana akan menjadikan taman satwa Lembah Hijau menjadi pusat konservasi alam di ujung Selatan Pulau Sumatera dan terus menambah koleksi hewan mereka.
Apalagi kawasan ini pun terus menjalin kerjasama dan bimbingan dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung.

Sementara terkait taman satwa mini, Lembah Hijau memiliki habitat bagi sejumlah flora dan fauna. Taman satwa ini bisa dijadikan sebagai tempat pembelajaran bagi anak-anak dalam mengenali berbagai jenis satwa dan tumbuhan. Rusa sambar, rusa timor, kuda, unta, berbagai jenis burung, dan banyak lagi spesies hewan lainnya dapat ditemui di taman satwa. Penangkaran rusa juga menarik untuk dilihat di sana.

Area Outbond

Bagi Anda yang gemar akan outdoor activity jangan khawatir. Lembah Hijau menyediakan fasilitas untuk outbond, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu kini hadir pula fasilitas untuk paintball, futsal, dan arena permainan balap ATV di tanah berlumpur.

Aktifitas-aktifitas outdoor tersebut kerap dijadikan pilihan bagi sekelompok orang yang melangsungkan acara team building demi membentuk kekompakan tim. Tentunya selain dapat memupuk kekompakan, kegiatan tersebut terbilang menantang dan memacu adrenalin.

Wahana lain yang tersedia di Lembah Hijau adalah Cinema 4 Dimensi. Sebagaimana namanya wahana ini adalah suatu fasilitas menonton teater empat dimensi yang terbilang amat sayang jika dilewatkan.

Teater ini juga termasuk teater 4 dimensi pertama yang hadir di Lampung. Terdapat sekira 10 film dengan durasi masing-masing 10 menit yang dapat dinikmati para pengunjung.

Fasilitas lain di Lembah Hijau tak kalah menarik untuk dicoba. Terdapat kereta mini, boom-boom car yang terbilang baru, rumah hantu, komedi putar, kolam ikan koi, bahkan area berkemah juga disediakan di kawasan hijau dan asri tersebut.

Apabila lapar dan lelah, terdapat restoran dan cottage untuk menginap masih dalam kawasan Lembah Hijau.

Akomodasi

Apabila Anda berniat menginap di kawasan Taman Wisata Lembah Hijau, terdapat 5 cottage yang dapat ditinggali. Rinciannya empat unit terdiri dari dua kamar dan satu unit yang berisikan tiga kamar. Setiap cottage juga dilengkapi dengan ruang tamu dimana bangunannya ditata dengan dengan desain tradisional.

Bagi anda yang minat, tarif dimulai dari Rp 750.000 sampai Rp 1.500.000 per malam. Fasilitas yang tersedia dalam cottages mulai dari televisi, kulkas, meja makan, kursi ruang tamu dan pendingin udara.

Transportasi

Berjarak sekira 30 menit saja dari Bandar Lampung, ibu kota provinsi Lampung, akses transportasi ke kawasan ini terbilang mudah. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung adalah kelompok murid sekolah yang datang menumpang bus-bus sewaan.

Selain itu, tentu saja keluarga dengan mengendarai mobil pribadi juga menjadikan Lembah Hijau sebagai tempat rekreasi bersama.

Terdapat area parkir yang luas di Lembah Hijau guna menunjang kenyamanan pengunjung. Untuk menuju Lembah Hijau, kebanyakan pengunjung memang menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil, motor, atau bahkan bus pariwisata.

Hal ini dikarenakan belum ada jalur angkutan umum yang langsung menuju Lembah Hijau yang berada di wilayah perbukitan Kelurahan Sukadanaham, Tanjungkarang Barat, Bandar Lampung.
Taman Wisata Lembah Hijau

JI. Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung
Telp     : (0721) 7404744 / 9638387
Email  : Lembah.Hijau@yahoo.co.id
Jam Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk:
– Umum Rp 10.000
– Pelajar Rp 8.000
– Mobil Rp 5.000
– Motor Rp 2.000

Berikut potretnya, jika masih penasaran kunjungi langsung Taman Wisata Lembah Hijau Lampung.

Rumah Hantu di Lembah Hijau

Rumah Hantu di Lembah Hijau

Penginapan di Lembah Hijau

Penginapan di Lembah Hijau

Restaurant dan Meeting Room Lembah Hijau

Restaurant dan Meeting Room Lembah Hijau

||Sumber: Lembahhijaulampung.com dan berbagai sumber lainnya.[]

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 1 =