Air Terjun Wiyono; Potensi Wisata Tersembunyi di Kabupaten Pesawaran

KABUPATEN Pesawaran, Provinsi Lampung memiliki potensi Wisata Alam Air Terjun Wiyono, berbasis komunitas. Wisata Air Terjun Wiyono terletak di Desa Wiyono, Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, lokasinya sekitar 30 kilometer dari Bandarlampung. Air terjun ini kerap dikunjungi warga, khususnya pelajar yang melakukan perkemahan di sekitar air terjun itu.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, Air Terjun Wiyono bisa menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Pemerintah Daerah, berencana mengembangkan potensi Wisata Alam Air Terjun Wiyono, berbasis komunitas, dengan dikelolanya objek wisata alam air terjun berbasis komunitas dapat meningkatkan daya tarik pariwisata dan melibatkan berbagai pihak di daerah tersebut. Berbasis komunitas, dimana semua pihak yang terkait harus memiliki kepedulian dan komitmen untuk melaksanakan pengembangan objek wisata alam ini.

Bagi para pecinta alam yang hobi berkemah, tempat ini sangat cocok dijadikan kawasan untuk berkemah. Sebab, keadaan alamnya masih sangat alami.

Dari Bandar Lampung lewat Kemiling terus saja kira-kira 10 menit perjalanan sebelum deretan kebun karet ada pertigaan belok kiri untuk masuk ke desa Wiyono. Lurus saja sampai ke atas, kira-kira 3/4 jam anda akan sampai di pos penjaga hutan Tahura Wan Abdur Rahman. Parkir mobil atau sepeda motor anda dan teruskan dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Ternyata medan cukup sulit untuk dilewati sepeda motor. kira-kira 150 meter dari air terjun. sepeda motor ojek harus berhenti. sehingga perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki.
Sayang memang hampir di beberapa tempat wisata di wilayah ini baik Bandar Lampung atau Pesawaran kurang terawat dan mempunyai fasilitas yang minim. Butuh peran pemerintah untuk dapat mempromosikan tempat-tempat indah di wilayah ini. Masyarakat berharap Pemkab Pesawaran dapat mempercepat pengembangan Potensi wisata alam tersebut sebagai tujuan wisata domistik. ||Sumber: Dari berbagai sumber.[]

1 reply
  1. anglo
    anglo says:

    di pesawaran banyak potensi pariwisatanya, untuk air terjun khususnya.. masih jarang terlihat oleh dunia, 😀

    tempat kami ada di desa gunungrejo, kecamatan way ratai, kabupaten pesawaran, nama air terjunnya : air terjun kaliawi.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + one =