[Galery] Rusli Bintang Hadiri Seabad Pesantren Denanyar

KETUA Dewan Pembina Yayasan Alih Teknologi, H. Rusli Bintang, pekan lalu mengunjungi Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Kunjungan pendiri Universitas Malahayati ini berkaitan dengan peringatan satu abad pendirian dayah yang akrab disebut Pesantren Denanyar.

Pesantren Denanyar didirikan Kiai Haji Bisri Syansuri yang lahir di Pati Jawa Tengah, pada 18 September 1886, dan wafat di Jombang, Jawa Timur pada 25 April 1980. Kiai Bisri adalah ulama dan tokoh pendiri Nahdlatul Ulama.  Ia terkenal atas penguasaannya di bidang fikih agama Islam.

Kiai Bisri Syansuri juga pernah aktif berpolitik, antara lain sempat sebagai anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) mewakili Masyumi, menjadi anggota Dewan Konstituante, ketua Majelis Syuro Partai Persatuan Pembangunan dan sebagai Rais Aam NU.

Kiai Bisri adalah kakek dari Kiai Haji Abdurrahman Wahid yang biasa disapa Gus Dur, Presiden Republik Indonesia keempat. Gus Dur  lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940  dan wafat di Ciganjur, 30 Desember 2009. Gus Dur adalah tokoh Muslim Indonesia dan pemimpin politik yang menjadi Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001

Rusli Bintang adalah salah satu teman diskusi Gus Dur. Rusli sangat menghormati Gus Dur yang dinilainya sebagai orang terhormat dan bermartabat. (Berita selengkapnya klik di sini)

Foto-fotonya klik di bawah ini:

h rusli dan gub jatim2 h rusli2 h rusli dan prof nasir rusli dan muaimin