Ujian Praktik APN Mahasiswa Kebidanan Universitas Malahayati

MAHASISWA Diploma III Kebidanan Universitas Malahayati angkatan 2014 sedang menjalankan ujian praktik. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Laboratorium Universitas Malahayati Kamis, 17 Desember 2015.

Salah satunya ujian praktik Asuhan Persalinan Normal (APN). Praktik ini terdiri dari 5 mahasiswa dalam satu kelompok. Setiap mahasiswa harus menjalani praktik dengan metode yang diujikan secara benar dan berurutan. Selain APN mahasiswa juga menjalani berbagai praktik seperti ujian tahap Antenatal Care (ANC) yaitu pemeriksaan ibu hamil, cara membantu ibu mengatur proses menyusui, senam nifas dan pemeriksaan bayi baru lahir serta teknik oksitosin.

Asuhan persalinan normal bertujuan menjaga kelangsungan hidup dan memberikan derajat kesehatan yang tinggi bagi ibu dan bayinya, melalui upaya yang terintegrasi dan lengkap tetapi dengan intervensi yang seminimal mungkin agar prinsip keamanan dan kualitas pelayanan dapat terjaga pada tingkat yang diinginkan (optimal).

“Kegiatan ini menguji kita bagaimana menangani pasien persalinan normal serta mempersiapkan mental dan kemampuan kita dalam mengahadapi pasien sebenarnya,” kata Dwi Oktaviani, peserta praktik.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 1 =