Seminar Hypnobirthing, Menggunakan Hypnosis Untuk Melancarkan Proses Persalinan

SEMINAR dan Workshop Nasional Hypnobirthing pada Minggu, 20 Desember 2015 di Malahayati Career Center (MCC) berlangsung semarak. Meski ada pemindahan lokasi dari Graha Bintang ke MCC, tidak menyurutkan antusiasme para peserta yang dominan mahasiswi kebidanan dari berbagai Universitas di Lampung. Acara yang diselenggarakan oleh Universe bekerja sama dengan mahasiswa Malahayati ini dihadiri oleh sekitar 450 orang.

Hypnobirthing sendiri merupakan metode alamiah yang dipergunakan untuk menghilangkan rasa takut, panik, tegang dan tekanan yang menghantui ibu saat proses persalinan. Sehingga para bidan khususnya mampu mensugesti kliennya agar tetap tenang saat melakukan persalinan. Ketenangan, sugesti positif, dan dukungan keluarga adalah cara paling efektif agar persalinan berjalan lancar.

“Hypnosis itu adalah pemberian sugesti kepada orang lain untuk mengubah mindset tertentu menjadi mindset lainnya. Contohnya bila orang memiliki pengalaman memakan Lemon yang asam, maka dengan hypnosis perasaan asam itu bisa diubah menjadi rasa manis. Sayangnya, di Indonesia Hypnosis diperkenalkan melalui entertainment padahal hypnosis itu bisa sangat bermanfaat apabila disalurkan pada kegiatan positif. Hal itu yang membuat kami tergerak untuk memperkenalkan Hypnobirthing kepada masyarakan” kata Azwar Rahman Mpd C Ht.

Hypnobirthing ini juga dirasa penting dan mampu memberikan dampak positif pada proses persalinan. Dengan Hypnobirthing dan penanganan yang tepat, sang ibu tidak akan merasa takut apalagi sakit saat melakukan persalinan. Semua itu karena efek relaksasi yang terjadi pada proses hypnosis katanya.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *