Rayakan Hari Ibu Setiap Tanggal 22 Desember

Hari Ibu merupatakn hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Di Indonesia hari ibu dirayakan setiap 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Hari ibu ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Dekrit Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres ini bertujuan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan. Kongres ini diselenggarakan di gedung Dalem Jayadipuran, yang kini merupaakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso,Yogyakarta.

Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya. Biasanya juga hari ibu diperingati dengan membebastugaskankan ibu dari tugas sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + eight =