Kepercayaan Masyarakat di Balik Sumur Tujuh Bandar Lampung

MUNGKIN banyak yang belum tahu bahwa di Kota Bandar Lampung ada tempat pemandian yang unik. Namanya Sumur Tujuh. Seperti namanya, sumur ini memiliki tujuh sumber mata air yang airnya pun tidak pernah kering sampai saat ini.

Sumur Tujuh begitu nama yang tertera pada bangunan tembok berwarna keemasan saat memasuki lokasi itu. Meski telah terimpit bangunan rumah warga, suasana hening masih melingkupi lokasi pemandian yang gerbangnya diresmikan Wali Kota Bandar Lampung pada 2010.

Sumur ini terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo, Gang Bonsai, Kelurahan Kupang Teba, Telukbetung Utara. Memang agak sulit menemukan tempat pemandian ini karena berada di tengah-tengah permukiman warga.

Lahan seluas 74 Meter persegi ini berada tujuh sumur-sumur kecil yang tidak pernah kering walaupun pada musim kemarau, sumur dengan kedalaman 1,5 meter ini jika dilihat sepintas tak ada yang istimewa dari sumur-sumur ini. Berada di permukiman padat jauh dari kesan angker seperti galibnya tempat-tempat kramat.

Tak ada yang tahu pasti asal mula sumur yang berjumlah tujuh buah ini. Seperti sumur lainnya, sumur ini juga digunakan warga untuk mandi dan mencuci. Namun, banyak orang dari luar daerah yang sengaja datang ke tempat ini untuk mandi ataupun membawa pulang airnya. Konon, air dari Sumur Tujuh ini memiliki khasiat unik yang dapat mengabulkan permintaan orang.

||Dari berbagai sumber.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *