Menelusuri Indahnya Air Terjun Talang Beringin Tanggamus

SALAH satu destinasi wisata alam di provinsi Lampung adalah Kabupaten Tanggamus dengan sejuta pesona alamnya yang sangat beragam, mulai dari keindahan pantai sepanjang pesisir Tanggamus yang masih sangat alami di tambah dengan hadirnya lumba-lumba pantai Kiluan yang mulai terkenal hingga mancanegara, belum lagi keindahan Gunung Tanggamus, air terjun, sungai, mata air, tebing-tebing yang masih sangat alami. Tidak hanya keindahan alam yang berpotensi wisata, melainkan kaya nya Kabupaten Tanggamus akan Sumber Daya Alam seperti pertambangan mineral maupun panas bumi.

Salah satu potensi geowisata di daerah Tanggamus ini yaitu Keindahan Air Terjun Talang Beringin. Nama Kabupaten Tanggamus ini pun diambil dari nama Gunung Tanggamus ini yang terletak pada jantung kabupaten Tanggamus, Secara geografis Wilayah Kabupaten Tanggamus terletak pada posisi 104°18’ – 105°12’ Bujur Timur dan antara 5° 05’ – 5°56’ Lintang Selatan. Batas-batas Wilayah administratif Kabupaten Tanggamus adalah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Lampung Tengah. Sebelah
  • Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pringsewu.

Air Terjun Talang Beringin cukup jauh kurang lebih 90 km dari pusat kota Bandar Lampung melalui Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu dan tibalah di Kabupaten Tanggamus. Akses menuju air terjun ini memasuki jalan Simpang Kanan sebelum Kecamatan Gisting yang langsung menembus Kecamatan Gunung Batu, Kecamatan Gunung Batu ini merupakan salah satu kecamatan yang terletak di kaki Gunung Tanggamus. Udaranya sangat sejuk, dan terlihat jelas dan indah Pemandangan Gunung Tanggamus.

Perjalanan yang cukup melelahkan terbayar dengan keindahan air terjun yang menjulang tinggi dengan ketinggian kurang lebih 12m, air yang sangat deras hingga suaranya cukup keras, dan terasa sangat sejuk dimana embun akibat jatuhan air terjun dan juga letak air terjun yang dikelilingin oleh tebing tinggi bervegetasi sehingga semakin membuat suasana alam yang sungguh alami.

Air terjun ini memiliki tingkat yang pertama di atas dan dibawah yang langsung jatuh ke dasar. Secara geologi batuan-batuan yang terdapat di lokasi air terjun ini merupakan batuan beku yang didominasi oleh beku ekstrusif baik basalt atau riolit, sebab dapat kita ketahui dari struktur dan tekstur serta kekerasan batuan. Kemungkinan formasi batuan di sekitar area ini adalah akibat erupsi gunung Tanggamus beberapa ribu tahun yang lalu. Tebing dari air terjun ini tersusun oleh batuan beku yang berstruktur seperti rekahan rekahan di tebing bagian atas dan seperti berlapis di bagian yang di lalui air akibat proses abrasi air itu.

Batuan disekitar Air Terjun

Batuan disekitar Air Terjun

||Dari berbagai sumber.[]

2 replies
  1. razone
    razone says:

    Saya sumbernya tidak jelas, masa ditulis dari berbagai sumber begitu aja.. Sebaiknya dituliskan sumbernya darimana aja sehingga lebih oke.

    Reply
    • R. Bara Pratama
      R. Bara Pratama says:

      terima kasih sarannya gan, lain waktu akan lebih baik..sekedar penjelasan, tulisan diatas memang diambil dari banyak sumber sehingga penulis merasa tidak memungkinkan jika semua sumber dicamtumkan. Terima ksih ya sarannya 🙂

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 11 =