Rotan ini Dijadikan Lalapan Khas Lampung

ROTAN dapat diolah menjadi makanan? Sebagian orang mungkin lebih mengenal rotan sebagai bahan kerajinan seperti furniture, namun tidak untuk sebagian masyarakat Lampung tradisional. Untuk masyarakat lampung rotan ini diolah menjadi sebuah lalapan yang disebut Umbu.

Secara kultural, Lampung memiliki dua masyarakat adat, yakni Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. Umumnya masyarakat Lampung gemar berkumpul dan bersilaturahmi. Mereka berkumpul di acara pernikahan, acara adat, atau acara keagamaan. Baik antar keluarga maupun antar tetangga. Umbu khas lampung ini juga bisa disajikan sebagai lalapan saat makan bersama.

Berbicara soal lalapan, tak salah bila berfikir lalapan itu adalah makanan yang berasal dari daun segar maupun yang di rebus. Namun tidak untuk yang satu ini, Umbu ialah lalapan yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak.

Umbu ini cenderung bercita rasa pahit seperti pare, tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan nafsu makan. Nikmat bila disajikan bersama seruit khas Lampung sebagai pelengkap makanan pokok Anda. ||Dari berbagai sumber.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =