Menggemari Seni Fotografi Tidak Salah Jika Berkunjung Ke Pulau Pasaran

BANYAK yang tidak mengetahui keberadaan pulau Pasaran di kota Bandar Lampung, lahan industri pengeringan olahan hasil laut di Lampung. Pulau Pasaran juga merupakan titik NOL Destinasi Pariwisata Kota Bandar Lampung. Sebuah pulau karang unik yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Teluk Betung Barat, tepat di tepian Teluk Lampung.

Pulau Pasaran adalah pulau yang terbentuk oleh timbunan-timbunan batu karang hasil reklamasi mandiri para penghuninya. Pulau yang mulai “tumbuh” pada tahun 1970 ini awalnya hanya seluas 3,5 hektar namun kini kabarnya sudah seluas 12 hektar dan kini sudah dihuni oleh sekitar 240 kepala keluarga.

Aktifitas keseharian warga Pulau Pasaran adalah mengolah hasil laut berupa ikan teri rebus yang rasa dan kualitasnya tidak kalah dengan teri medan yang sudah lebih dulu dikenal orang.

Bila cuaca dan iklim sedang bagus, rata-rata produksi ikan teri Pulau Pasaran mampu mencapai 20 ton perhari, tak heran kalau Pulau Pasaran merupakan sentra bagi industri pengolahan ikan teri di Provinsi Lampung.

Hasil komoditas olahan para pengrajin teri Pulau Pasaran ini banyak masuk ke pasar-pasar di Jakarta dan kota-kota di Pulau Jawa.

Untuk anda yang menggemari seni fotografi, banyak spot di Pulau Pasaran yang menarik untuk didokumentasikan. Mulai dari aktifitas keseharian warganya, jembatan beton, hutan mangrove, dermaga kapal, pemandangan kota Bandar Lampung dari kejauhan, serta pemandangan Teluk Lampung yang sungguh mempesona.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 5 =