Yuk Menilik Museum Nasional Ketransmigrasian di Kota Agung

BELUM banyak yang tahu bahwa Lampung punya Museum Nasional Ketransmigrasian (MNK). MNK dibagun dengan luas 63 hektare dan terdapat 3 lantai. Di museum ini juga terdapat kolam renang, sentra kerajinan, panggung terbuka, 10 anjungan rumat adat dari daerah asal transmigran, perpustakaan, mushola, tempat parkir, lapangan, areal persawahan, dan masih ada lagi.

Terletak 26 km dari Bandar Lampung pada jalur Bandar Lampung – Kota Agung – Krui. Gedong Tataan merupakan lokasi transmigrasi/ kolonialisasi pertama pada masa Kolonial Belanda. Pemindahan/ transmigrasi pertama kali berlangsung pada tahun 1905, asal penduduk yang ditransmigrasikan berasal dari Desa Begelen, Keresidenan Kedu – Jawa Tengah. Lokasi awal pemukiman dapat dijumpai dan kini menjadi kompleks kompi senapan TNI di tengah Kota Gedong Tataan. Sebuah Gedung megah didirikan sebagai Museum Transmigrasi satu-satunya di Indonesia berisi catatan sejarah, diorama dan peralatan kebutuhan ketransmigrasian. Kedepan, sedang diusahakan upaya melengkapi rekaman sejarah migrasi terbesar di nusantara ini.

Pembangunan MNK bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi pengkajian program transmigrasi di Indonesia. Museum ini juga bertujuan untuk menyediakan wahana pembelajaran tentang sejarah ketrasnmigrasian di Indonesia bagi generasi muda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − fifteen =