Lebih dari Tujuh Air Terjun yang Disuguhkan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman Lampung

AIR Terjun Taman Hutan Raya (TAHURA) Wan Abdul Rachman. Terdapat tujuh buah air terjun di lokasi tahura ini. Yaitu, Air terjun Sinar Tiga yang memiliki ketinggian 70 m dengan lebar 6 – 10 m, air terjun Gunung Minggu yang digunakan oleh pengunjung sebagai shower alam, air terjun Talang Rabun memiliki tinggi 30 m, air terjun Tanah Longsor 35 m, air terjun Penyairan 35 m, air terjun Bidadari 20 m dan air terjun Talang Mulya 30 m.

Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi.

Tahura Wan Abdul Rachman (luas: 22.249,31 ha) adalah salah satu dari 14 Taman Hutan Raya di Indonesia. Ditetapkan sebagai Tahura Wan Abdul Rahman berdasarkan SK Menhut No. 408/Kpts-II/93 dikelola oleh Pemerintah Daerah Provinsi Lampung sesuai UU No. 22 tahun 1999, PP No. 25 Th. 2000, Keputusan Menhut No. 107/Kpts-II/2003 serta Keputusan Gubernur Lampung No. 03 tahun 2003.

Sekitar 80 % luas hutan Tahura berada di Kabupaten Pesawaran, 15 km dari kota Bandarlampung. Terdapat 47 titik pemukiman di Tahura WAR. Sensus 2002 menunjukkan 23.489 KK tinggal di dalam hutan. Dan salah satu yang menarik perhatian para wisatawan adalah keindahan yang disuguhkan oleh air terjun di kawasan ini. Selain tujuh air terjun itu masih banyak air terjun di tahura WAR ini seperti air terjun Gunung Tanjung, Batu Lapis Mata Dewa, Pelangi, Batu Perahu, Kupu Jambu, Tawon, Way Awi, Way Ngeluh dan air terjun Sungai Langka.

Penasaran? Berikut beberapa keindahan air terjun Tahura Wan Abdul Rachman:

Air Terjun Tahura Wan Abdul Rachman1 Air Terjun Tahura Wan Abdul Rachman2 Air Terjun Tahura Wan Abdul Rachman3 Air Terjun Tahura Wan Abdul Rachman ||Dari berbagai sumber.[]

4 replies
  1. zailani
    zailani says:

    saya ketua gabungan kelompok tani hutan ( tani jaya ).kami berada di gunung betung sudah melakukan pemetaan rincikan lahan maaing”.masih banyak yang belum terekspos dalam tahura.ada air terjun 1000 mimpi,air terjun batu lapis.semua dalam lokasi tani jaya

    Reply
  2. rony paliaky
    rony paliaky says:

    boleh tanya bapak/ibu yng mengelola tahuranya alamat e-mail atau no hp yng bisa d hubungi agar kita dapat melakukan studi banding k tahura WAN ABDUL RACHMAN dalam waktu beberapa minggu ini.trima kasih atas bantuanya.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =