Ini Dia Penemu Telepon Sebenarnya

Antonio Santi Giuseppe Meucci (lahir di San Frediano, 13 April 1808 – meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang menemukan alat komunikasi modern yang digandrungi masyarakat hingga kini yaitu telepon.

Masyarakat lebih mengenal Alexander Graham Bell sebagai pemenu telepon, tetapi sebenarnya Antonio Meucci lah yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

Pria kebangsaan Italia ini merupakan lulusan dari Akademi Kesenian Firenze. Ia kemudia bekerja di Teatro della Pergola sampai tahun 1835, dan kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba dan berimigrasi di sana bersama istrinya. Meucci memang menggemari tentang pembuatan barang-barang, selain itu ia juga telah mengembangkan setrum listrik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit, sehingga menjadi terkenal.

Pada tahun 1850 ia jatuh miskin dan pindah ke New york. Namun hal itu tak membuatnya patah semangat dalam menyempurnakan temuannya yaitu Telpon. sang istri pun terpaksa menjual beberapa alat ciptaanya dengan harga enam dolar untuk membeli obat. Setelah sembuh, ia bekerja keras dari padi hingga malam untuk membuat alat ciptaannya.

Pada tahun 1871, karena uangnya tak cukup maka Meucci hanya membayar paten telepon temuanya yang hanya berlaku untuk satu tahun. Meucci mencoba melakukan demonstrasi potensi “telegraf berbicara”  dan membawa model serta keterangannya pada Wakil Ketua Perusahaan Telegraf Western Union, Edward B. Grant. Namun, dua tahun kemudian disaat Meucci meminta kembali semua materi yang telah telepon dari perusahaan tersebut, mereka menyatakan bila materi tersebut telah hilang.

Secara tiba-tiba  Alexander Graham Bell menyandang sebagai penemu telepon. Setelah mengetahuinya, Meucci  memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci kalah pada kasus ini. Pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *