Benjamin Franklin: Waktu Adalah Uang

Benjamin Franklin, lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania,Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun. Ia adalah ilmuwan, penemu, pengarang dan diplomat, dan merupakan presiden Amerika Serikat pada waktu itu.

Franklin juga seorang tokoh Amerika Serikat yang berpengaruh dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir). Dia adalah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat “perpustakaan umum” pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

“Waktu adalah uang” merupakan kutipan Franklin yanng sering digunakan orang,  Ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, sehingga banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena ia juga rajin menulis.

Anak bungsu dari 17 saudara itu berhenti sekolah pada saat ia berusia sepuluh tahun. Setelah itu Franklin magang pada usaha penerbitan milik James, kakak laki-lakinya saat usianya menginjak dua belas tahun. Percetakan ini menerbitkan surat kabar New England Courant. Sempat menjadi kontributor dan bahkan kemudian editor surat kabar itu, namun Franklin melarikan diri karena perdebatan dengan sang kakak, pertama-tama ia ke New York, lalu ke Philadelphia pada Oktober 1723

Pada usia 17 tahun, ketika Benjamin pergi ke London untuk membeli peralatan percetakan baru, dia melamar seorang gadis bernama Deborah Read dan memiliki dua anak. Benjamin Franklin dikenal menghasilkan berbagai penemuan, seperti:

  1. Glass Armonika
  2. Kompor Franklin
  3. Penangkal Petir
  4. Lensa Bifokal
  5. Odometer
  6. Kateter untuk Berkemih

Benjamin Franklin meninggal pada usia 84 tahun. Ribuan orang tercatat menghadiri pemakamannya. Namanya diabadikan dalam mata uang AS, perangko, dan berbagai institusi pendidikan yang memakai namanya. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 17 =