Guglielmo Marconi; Penemu Radio

Guglielmo Marconi (lahir 25 April 1874 – meninggal 20 Juli 1937 pada umur 63 tahun) adalah seorang insinyur listrik Italia dan peraih hadiah Nobel, terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai “radio”.

Marconi adalah anak laki-laki dari pasangan Giuseppe Marconi, seorang pria Italia yang kaya raya dan istrinya Annie Jameson (yang berarti adalah ibu dari Guglielmo Marconi) yang memiliki keturunan Irlandia. Guglielmo Marcon menyelesaikan pendidikannya di Livorno.  Penemu radio ini dapat pendidikan privat dari seorang guru. Tahun 1894 saat usianya menginjak dua puluh. Pada tanggal 15 Juni 1927, Marconi menikah dengan seorang perempuan bernama Maria Cristina Bezzi-Scali dan memikili seorang anak perempuan yang bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi.

Awalnya Marconi sering mempelajari percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz mengenai gelombang elektromagnetik. Kemudian muncullah ide mengenai gelombang yang dapat di manfaatkan untuk mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa menggunakan perantara gelombang, dan disebut dengan “Calon Radio”. Alat ini  digunakan untuk mengirim berita-berita yang di dapat dari kapal laut.

Dua tahun kemudian, Guglielmo Marconi berhasil mempraktekan alatnya tersebut di Inggris bahkan ia mendapatkan hak paten pertamanya. Pada tahun 1898 Marconi dengan cepat membuat perusahaan dan produk Guglielmo Marconin dan berhasil dikirim.

Namun penemuan ini menimbulkan pertentangan di pengadilan. Akhirnya pada 1914 pengadilan mengakui penemuan Marconi tersebut. Pada tahun berikutnya, Marconi melakukan pula penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Ia menghembuskan nafas terakhir di Roma tahun 1937.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 6 =