Praktikum Proses Pengelasan Fakultas Teknik Mesin Universitas Malahayati

MAHASISWA Teknik Mesin Universitas Malahayati laksanakan Praktikum Proses Pengelasan di Laboratorium Teknik Mesin pada 11, Januari 2016. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak hari ini hingga 13 Januari 2016. Ini merupakan kegiatan wajib mahasiswa Teknik Mesin yang telah mengikuti teori perkuliahan proses pengelasan.

Proses pengelasan secara umum merupakan proses penyambungan dua buah atau lebih logam dasar (base metal) dengan cara pencairan material tersebut melalui masukan panas (heat input). Berdasarkan definisi dari Deatche Industri and Normen (DIN), Las adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam atau logam paduan yang dilaksanakan dalam melting atau cair.

Praktikum yang diikuti 14 mahasiswa ini dibimbing langsung oleh Tumpal Ojahan R ST MT. Praktikum proses pengelasan ini diberikan untuk menambah wawasan teori dan melakukan praktek kerja pengelasan yang berkaitan dengan mata kuliah proses pengelasan. Tujuan utama praktikum ini untuk mengenalkan mesin las listrik dan cara penggunaannya, mampu menentukan parameter proses pengelasan dan melakukan beberapa proses pengelasan serta mampu mengevaluasi dan menentukan jenis cacat hasil pengelasan.

“Praktikum ini terdapat tiga modul yaitu, Pengelasan Jalur, pengelasan Butt Joint, Pengelasan T-Joint serta bonus modul Penyambungan Pipa,” kata Tumpal.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *