Frank Whittle; Perwira Penemu Mesin Jet

Frank Whittle adalah seorang perwira pada Royal Air Force (Angkatan Udara Kerajaan Inggris), yang juga penemu mesin jet. Pada Maret 1937 mesin jenis jet telah diciptakan dan diuji coba di sebuah pabrik di Jerman (Heinkel). Perancang mesin tersebut adalah Dr Hans Von Ohain. Sedangkan Whittle dikembangkan beberapa tahun lebih awal dari Dr Hans von Ohain asal Jerman yang merupakan desainer dari operasional mesin jet pertama.

Whittle lahir pada 1 Juni 1907 di Newcombe Road, Earlsdon , Coventry , Inggris. Ia merupakan putra sulung dari pasangan Musa Whittle dan Sara Alice Garlick. Ayahnya adalah seorang seorang insinyur praktis yang sangat inventif dan mekanik membeli Leamington Valve dan Ring Piston Company, yang terdiri dari beberapa mesin bubut dan alat-alat lain dan satu silinder mesin gas dan menjadikan Whittle seorang ahli.

Whittle sekolah di Milverton selama dua tahun, yang kemudian mendapatkan beasiswa sekolah menengah Leamington College untuk anak laki-laki. Namun karena bisnis ayahnya yang tersendat sehingga tidak ada cukup uang untuk menyekolahkannya. Kemudian sambil membantu ayahnya di bengkel, Whittle mengembangkan keterampilan teknik praktis dan membaca tentang astronomi, teknik, turbin, dan teori penerbangan di saat waktu luangnya di perpustakaan referensi Leamington.

Di usianya yang baru 15 Tahun Frank Whittle bertekad untuk menjadi pilot. Pada tahun 1930, Frank Whittle mengajukan sebuah permohonan paten, dan mendapatkan perhatian dan juga dorongan dari Kementrian Udara dan juga dari industri. Powers Jets di bangun pada tahun 1963 dan Sir Frank Whittle diberi tugas oleh perusahaan untuk tugas militer khusus untuk menyusun desain dan juga pengembangan mesin jet milik Whittle.

Mesin Jet Pertama temuan Frank whittle

Mesin Jet Pertama temuan Frank whittle

 

Pada Juni 1939, Kementerian Udara mengakui atas nilai manfaat dari penemuan Whittle. Mereka memutuskan untuk memiliki built mesin penerbangan (W.1) dan membeli Gloster Aircraft Company untuk membangun sebuah pesawat eksperimental – E28/39. Pesawat ini selesai pada bulan Maret 1941 dan mesin pada bulan Mei 1941. Penerbangan pertama kali dari E28/39 terjadi pada malam hari tanggal 15 Mei 1941.

Kini mesin jet temuan Frank Whittle banyak dipakai oleh pesawat komersil ataupun pesawat tempur. Frank Whittle kini dianggap sebagai salah satu tokoh paling berjasa dalam dunia penerbangan atau kedirgantraan berkat mesin temuannya. ||Dari berbagai sumber []

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *