Kalianda, Kota Kecil Sejuta Keindahan

PEMANDANGAN alam dan objek wisata pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Lampung Selatan, terutama di kawasan Kalianda. Kabupaten dengan garis pantai mencapai 200 kilometer lebih ini selalu menjadi tujuan wisata pantai bagi para wisatawan.

Begitu menginjakkan kaki di Pelabuhan Bakaheuni, yang ada di pikiran adalah bagaimana segera beristirahat dengan tenang sambil menghirup aroma pantai yang khas. Kalianda merupakan salah satu tempat yang menjanjikan hal ini. Cukup dengan perjalanan selama setengah jam menggunakan agen perjalanan dari Pelabuhan, sampailah Anda di Kota Kalianda.

Kalianda adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia yang terletak di kaki Gunung Rajabasa, kota kecil yang bersahaja. Kota ini juga terletak di tepi pantai di sepanjang Teluk Lampung.

Kalianda tak hanya menjanjikan keindahan teluk pantai, disini juga terdapat beberapa objek wisata yang harus dikunjungi, seperti wisata sejarah mengunjungi Taman Makam Nasional Pahlawan Radin Inten II. Seperti diketahui, Radin Inten II adalah pahlawan nasional yang berjuang keras memerangi penjajah di tanah Lampung yang kemudian tewas diracun.

Gunung Rajabasa yang sarat dengan bekas peninggalan benteng dan kubu pertahanan perang adalah saksi bisu kepahlawanan Radin Inten II. Makamnya terletak di Desa Gedung Harta, dikenal dengan nama Benteng Cempaka, sekira 18 km dari Kota Kalianda, Ibu Kota Kabupaten Lampung Selatan.

Dari jantung Kota Kalianda, terdapat Pantai Bom yang merupakan sarana menikmati sunset secara gratis. Tak hanya pasangan muda-mudi yang nampak seringkali terlihat, juga masyarakat sekitar yang membawa sanak keluarga menyaksikan fenomena tenggelamnya matahari. Jika cuaca sedang cerah, Anda akan mendapat bonus berupa keindahan anak Gunung Krakatau di Selat Sunda yang berada di balik gugusan Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku, yang ikut memancarkan keindahannya.

Ada banyak objek pariwisata di Kalianda, di antaranya Way Belerang, Pantai Batu Kapal, Pantai Canti, dan Pantai Gunung Botak atau Pantai Wartawan. Ada juga air terjun atau curug Way Kalam dengan tujuh tingkat air terjunnya. Selain itu, pariwisata di kecamatan lain seperti wisata Krakatau, Kalianda Resort, Krakatoa, Pantai Merak Belantung, Way Panas Kalianda, Way Belerang Simpur, Pantai Laguna Helau, dan Menara Siger.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi anak Gunung Krakatau, alangkah baiknya jika datang dari Dermaga Canti, Lampung Selatan, dibandingkan dari kawasan Anyer. Pasalnya, Anyer merupakan wilayah laut lepas sehingga ombaknya sangat besar. Jika berangkat dari lampung, ombak yang menghantam cenderung kecil karena pulau-pulau di kawasan ini mampu meredamnya.

Untuk menuju tempat ini, bagi Anda yang tidak mau repot naik turun kendaraan umum, terdapat bus Damri yang khusus berangkat dari Jakarta sampai Bandar Lampung. Anda dapat meminta kepada supir bus untuk menurunkan Anda di perempatan Fajar, Kalianda. Setelah itu, dengan menumpang ojek, Anda bisa diantar ke tempat atau resor yang Anda tuju.

Masyarakat Kalianda mayoritas petani. Selain padi, ada juga kebun coklat, kebun kopi, kebun pisang dan kelapa/ kopra.

Desa yang ada di Kecamatan Kalianda

1. Desa Kesugihan 2. Desa Pematang 3. Desa Kecapi 4. Desa Sukaratu 5. Desa Negeri Pandan 6. Desa Palembapang 7. Desa Babulang 8. Desa Buah Bekhak 9. Desa Maja 10.Desa Pauh Tanjung Iman 11.Desa Tengkujuh 12.Desa Jondong 13.Desa Sumur Kumbang 14.Desa Gunung Terang 15.Desa Merak Belantung 16.Desa Bulok 17.Desa Agom 18.Desa Sukatani 19.Desa Taman Agung 20.Desa Marga Catur 21.Desa Tajimalela 22.Desa Canggu 23.Desa Kedaton 24.Desa Munjuk Sampurna 25.Kelurahan Way Handak 26.Kelurahan Way Ukhang 27.Kelurahan Bumi Agung.

||Sumber: okezone.com

                   id.wikipedia.org

1 reply
  1. 趙莫 登
    趙莫 登 says:

    Kalianda pulau jecil yg indah dan banyak tempat wisata yg bisa di kunjungi namun sayang tidak terawat ,jln yg rusak ,curam licin ,tidak adanya perhatian dari pemerintah ,dan kurang nya kesadaran masyarakat dlm menjaga kebersihan langkungan !

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − nineteen =