Belajar Sejarah dari Petilasan Gajah Mada di Pekon Pugung Lampung Barat

PEKON Pugung atau masyarakat sekitar menyebutnya Jalma Pugung terletak di Pesisir Kabupaten Lampung Barat, Kecamatan Lemong. Tempat ini tak kalah eksotis dengan wisata yang disuguhkan oleh di Kabupaten Pesisir Barat lainya. Konon daerah itu dipercaya sebagai petilasan makam Patih Gajah Mada, seorang patih Kerajaan Majapahit di Pulau Jawa. Bukti petilasan makam Gajah Mada bisa dilihat dari catatan sejarah pemangku adat pugung.

Gajah Mada sendiri adalah Pelaku Sejarah yang begitu terkenal dengan “Sumpah Palapa” yang ia ikrarkan pada tahun 1258 Saka (1336 M) yang kemudian menjadi Inspirasi para tokoh besar pada masa awal kemerdekaan, para pemimpin antara lain Sukarno dan Mohammad Yamin sering menyebut sumpah Gajah Mada sebagai inspirasi dan “bukti” bahwa bangsa ini dapat bersatu, meskipun meliputi wilayah yang luas dan budaya yang berbeda-beda. Dengan demikian, Gajah Mada adalah inspirasi bagi revolusi nasional Indonesia untuk usaha kemerdekaannya dari kolonialisme Belanda.

Selain wisata sejarah, disini traveler bisa menemukan “Batu Tihang” yang terkenal sampai ke pelosok tanah air. Batu tihang biasa disebut batu tegak merupakan favorit banyak para remaja untuk menghabiskan akhir pekan di daerah ini. Terutama para pelancong yang hobi wisata.

Panorama alam yang disuguhkan di tempat ini juga sangat indah. Sungai yang terjaga keasriannya, pemandangan sekitar, bahkan ada karang bolong yang hanya bisa di masuki ketika air laut sedang surut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 19 =