Gottlieb Daimler; Penemu Mobil Pertama

Gottlieb Wilhelm Daimler (lahir 17 Maret 1834– meninggal 6 Maret 1900) adalah seorang penemu dan pionir di bidang otomotif. Ia berhasil mengembangkan  mesin pembakaran internal dan mesin bertenaga bensin. Gottlieb Daimler  bersama Carl Freidrich Benz, mereka berdua dikenal dunia sebagai pelopor atau penemu dari mobil.

Gottlieb Daimler memang menyukai mesin sejak kecil, maka tak heran saat masuk perkuliahan ia kemudian memilih konsentrasi teknik mesin dan kemudian menjadi Insinyur mesin. Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memutuskan untuk membuat mesin yang kemudian dipasang pada sepeda. Karena keputusannya tersebut maka Gottlieb Daimler memilih berpisah dari perusahaan tempat ia bekerja. Keputusannya berbuah hasil, ia berhasil menciptakan mesin dengan kecepatan 700-800 permenit dimana mesin tersebut merupakan mesin dengan pembakaran sempurna, yang dikenal dengan “mesin sepeda pertama”.

Setahun kemudian, ternyata  seorang insinyur otomobil Jerman, Carl Benz melakukan terobosan dengan membuat sebuah mobil yang mempunyai roda tiga. Akhirnya Gottlieb Daimler mengambil langkah untuk memasarkan mobil temuannya lebih awal dibanding Carl Benz. Dari langkah tersebut kemudian Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) ditahun 1890. Pada tahun 1926, Perusahaan Daimler dan Benz bergabung membentuk Daimler-Benz, yang kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz.

Mobil pertama Daimler ditenagai dengan kekuatan enam tenaga kuda yang kemudian ia jual kepada pangeran Wales. Gottlieb Daimler meninggal dunia pada tahun 1900 pada usia enam puluh enam. Gottlieb Daimler dikenang sebagai penemu dari alat transportasi bernama mobil, selain itu ia juga dikenal sebagai penemu mesin empat tak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *